Enam Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Efektif

Business Hack, Marketing

cara menjadi reseller
Sumber: rawpixel.com

Bagi anda yang sering berbelanja melalui online shop tentu tidak asing lagi dengan istilah satu ini, ya, reseller. Menjadi seorang reseller akhir-akhir ini memang menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Sebab ada banyak keuntungan yang bisa kita rasakan dengan menjadi seorang reseller.

Pertama adalah waktu. Berbeda dengan usaha-usaha lainnya yang banyak menguras waktu untuk membuat produk, menjadi seorang reseller hanya perlu membeli produk yang anda jual dari produsen. Dengan begitu, anda memiliki banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Kedua, yang sangat penting, adalah keuntungan. Dalam menjalankan bisnis, tidak bisa dipungkiri kita mengharapkan keuntungan yang besar dari barang yang kita jual. Akan tetapi acak kali, timbul pertanyaan dari orang-orang yang ingin menjadi reseller, apakah keuntungan yang didapat sebesar keuntungan dari produsen? Jawabannya memang tidak.

Akan tetapi, keuntungan tersebut dapat bertambah apabila online shop yang kita jalankan berkembang dengan baik. Di samping itu, terjadi pembagian keuntungan yang adil dan jujur antara produsen dengan reseller. Dengan demikian, keuntungan yang semula kecil bisa bertambah menjadi lebih besar.

Kemudian yang ketiga adalah dengan menjadi seorang reseller, anda memiliki banyak relasi. Sudah menjadi rahasia umum, untuk menjadi reseller anda perlu untuk memperluas relasi yang anda miliki. Hal tersebut berguna agar anda bisa mempromosikan produk yang anda jual kepada banyak orang untuk meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu ketika anda menjadi seorang reseller, anda menjadi memiliki banyak relasi yang bisa memberikan keuntungan dan menjadi teman untuk anda.

Nah untuk mencapai kelebihan-kelebihan di atas, sebelumnya anda harus mengetahui cara menjadi reseller online shop yang sukses. Berikut adalah cara menjadi reseller online shop yang sukses dan terbukti efektif.

1. Manfaatkan Sosial Media dengan Baik

Saat ini, siapa yang tidak bermain sosial media? Hampir semua orang di dunia ini mengakses sosial media. Mulai dari berbagi cerita tentang keseharian, mengunggah foto di momen bahagia, mengobrol dengan teman, sampai dengan berbelanja di lakukan di sosial media.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang reseller online shop yang sukses, anda perlu memanfaatkan sosial media dengan baik. Caranya tentu saja mudah. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengunggah foto pada laman sosial media online shop anda.

Jika anda rutin mengunggah foto pada laman sosial media online shop anda, calon pembeli mendapat info setiap hari mengenai produk anda. Selain itu, calon pembeli dapat melihat banyak gambaran mengenai produk yang anda jual.

Cara yang kedua adalah dengan melakukan iklan berbayar di sosial media. Dengan melakukan iklan berbayar di sosial media, orang yang sebelumnya tidak mengetahui tentang online shop anda dapat melihat iklan yang anda pasang dan bisa tertarik untuk mengunjunginya.

2. Memberi Harga Jual yang Bersaing

Langkah kedua cara menjadi reseller online shop yang baik adalah memberi harga yang bersaing. Harga jual menjadi hal yang penting dalam bisnis online shop. Sebab dengan banyaknya online shop yang ada sekarang, membuat calon pembeli memilih produk mana yang memiliki harga yang paling pas dan produk yang paling sesuai dengan keinginan mereka.

Oleh sebab itu, sebagai seorang reseller online shop anda harus memberikan harga jual yang bersaing pada produk yang anda jual. Sebelumnya, lakukan terlebih dahulu survei pasar untuk melihat ada kisaran berapa harga jenis produk yang anda jual. Selanjutnya, anda bisa menentukan mau di kisaran harga berapa anda menjual produk anda.

3. Pilih Produk yang Sesuai dengan Hobi Anda

Sebagian besar orang di dunia ini memiliki hobi. Sama juga seperti anda yang mungkin memiliki hobi tertentu. Jika anda memiliki hobi tertentu, anda bisa menjual produk yang berhubungan dengan hobi yang anda miliki.

Dengan memilih produk yang sesuai dengan hobi anda, anda akan memiliki antusias tersendiri saat berjualan. Anda juga dapat mengetahui seluk beluk mengenai produk yang anda jual, sehingga dapat memasarkan produk dengan baik. Pekerjaan pun menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan sembari menggeluti hobi anda.

4. Menjadi Reseller yang Melayani Calon Pembeli dengan Baik

menjadi seller yang melayani calon pembeli dengan baik
Sumber : healthinomics.com

Tidak kalah penting dengan ketiga cara sebelumnya, cara menjadi reseller online shop yang sukses adalah melayani calon pembeli dengan baik. Salah satu kunci utama online shop diminati oleh masyarakat adalah melayani pembeli dengan baik.

Sebab jika pembeli merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan, hal tersebut akan membuat pembeli akan kembali membeli produk di online shop anda. Di samping itu, pembeli yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan biasanya akan memperkenalkan online shop tempat dia membeli barang kepada teman-temannya. Dengan begitu, anda akan memiliki banyak pelanggan.

Selalu balas pesan yang dikirimkan kepada online shop anda dengan baik dan ramah. Tidak lupa juga untuk selalu membalas pertanyaan yang diberikan pada online shop anda dengan jelas agar pembeli merasa puas dengan jawaban yang anda berikan. Dan tidak kalah penting, kirimkan barang sesuai dengan permintaan dan dalam waktu yang cepat agar pembeli tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan barangnya.

Jika semua itu anda lakukan, pembeli tidak akan sungkan untuk selalu membeli barang di online shop anda. Bahkan secara cuma-cuma, mau ikut membantu mempromosikan online shop anda.

5. Menjadi Reseller yang Disiplin dan Konsisten

menjadi seller yang disiplin dan konsisten
Sumber: rawpixel.com

Niat di awal saat akan memulai online shop saja tidak cukup untuk mengembangkan online shop yang anda miliki. Anda harus menjadi seseorang yang disiplin dan konsisten.

Dalam berbisnis online, anda harus menentukan jadwal operasional online shop anda dan mentaatinya. Bila anda memutuskan untuk membuka online shop anda dari pukul 08.00-17.000, maka pada jam-jam itu anda harus siap sedia melayani konsumen anda. Anda juga harus disiplin pada waktu pengemasan dan pengiriman barang agar tidak mendapatkan kesan buruk dari konsumen

Konsisten juga diperlukan dalam cara menjadi reseller online shop yang sukses. Anda harus konsisten untuk mengunggah foto di lama online shop anda setiap hari. Konsisten mengenai target yang anda terapkan untuk online shop anda dan jika perlu berikan diskon-diskon menarik kepada konsumen anda. Hal tersebut bertujuan agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk kepada anda. 

6. Selektif dalam Memilih Supplier

Hidup dan mati dari seorang reseller bergantung dari supplier yang anda miliki. Oleh sebab itu, anda harus memilih supplier yang bertanggung jawab dan enak untuk diajak bekerja sama. Hal tersebut dilakukan agar masa depan online shop anda dapat terjamin.

Pilih supplier yang sudah memiliki izin usaha yang jelas dan produknya sudah terjamin di pasaran. Kemudian cari tahu, bagaimana sistem kerja yang mereka inginkan agar anda tidak kewalahan dalam berbisnisCara-cara di atas adalah cara menjadi reseller online shop yang sukses dengan efektif dan dapat anda ikuti dengan mudah. Selamat memulai dan semoga sukses.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!