Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa

Business Hack

Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa
   Sumber gambar: yangcanggih

Apa itu business plan?

Ya mungkin sebagian dari kita sudah familiar dengan kata ini. Namun ada juga yang belum.

Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyusun Business Plan. 

Business Plan adalah: 

A good definition: A business plan is a document that convincingly demonstrates the ability of your business to sell enough of its product or service to make a satisfactory profit and be attractive to potential backers”.

Artinya Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.

contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa pada dasarnya sama seperti Business plan pada umumnya, yakni berupa dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal, maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. 

Lengkap dengan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia.

perencanaan bisnis
Sumber gambar: spot.ph

contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa yakni memiliki pertanyaan tentang 

Business plan seakan-akan menjawab pertanyaan: Where am I now? Where am I going? How will I get there?

Business plan dibuat dalam bentuk jangka pendek ataupun jangka panjang yang pertama kali diikuti untuk tiga tahun berjalan. Business plan merupakan rencana perjalanan atau road map yang akan diikuti oleh wirausaha. 

Business plan ditujukan untuk investor yang potensial seperti perbankan, konsultan, staf karyawan, pemasok barang dan bahkan konsumen akan mempelajari business plan ini.

Sebuah business plan dapat dinilai oleh pembaca dengan memberikan bobot penilaian sangat bagus, bagus, sedang, dan kurang baik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa, antara lain:

1. Isi yang jelas dan mudah dipahami

Artinya adalah sejauh mana isi proposal mudah dipahami khususnya pernyataan mengenai bidang usaha, legalitas, jumlah tenaga kerja, kompetitor usaha hingga modal yang dimiliki/dibutuhkan. 

Tanpa kejelasan pada poin-poin tersebut, bisnis yang akan dijalankan akan kesulitan mendapatkan investor atau rekan kerja karena dianggap terlalu wordy dan tidak to the point.

perencanaan bisnis
Sumber gambar: ccm.net

2. Usahakan isi lengkap dan sesuai dengan rencana

Perlu diingat meskipun ini masih contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa namun harus dibuat sesingkat dan sepadat mungkin, jangan sampai isinya kurang dan tidak lengkap. Pastikan seluruh maksud dan rencana kita tertuang di dalamnya. 

3. Jujur

Selain itu, jangan juga menutup-nutupi sesuatu yang sebenarnya kita rencanakan. Sebab, hal ini bisa berdampak pada kepercayaan investor maupun rekan bisnis di kemudian hari. Jangan pula melebih – lebihkan manfaat atau dana yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

4. Sertakan data-data akurat sebagai pendukung

Berbicara tanpa data adalah suatu hal yang sia – sia. Proposal yang baik akan menyertakan data-data yang berkaitan dengan rencana bisnis yang mendukung rencana bisnis itu sendiri.

contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa bisa disimak sebagai berikut:

business plan
Sumber gambar: Tribun Kaltim

RINGKASAN EKSEKUTIF

Bisnis yang akan saya kembangkan adalah usaha di bidang kuliner yaitu nasi susu boba topping jenang daerah. Hal ini dikarenakan saya suka dalam  hal kuliner manis.

Selain itu produk serupa juga belum ada di pasar, sehingga kemungkinannya dapat bersaing dengan produk lainnya. Lokasi yang strategis yaitu di daerah kampus juga merupakan salah satu motivasi untuk mendirikan usaha ini. 

 Tujuan

Tujuan dari pendirian usaha ini adalah sebagai berikut :

  • Sebagai usaha untuk mencari pendapatan dan memberikan perkerjaan bagi orang lain.
  • Memberikan tempat untuk para boba dan kuliner manis lainnya
  • Untuk menyalurkan hobi dan sebagai praktek dari perkuliahaan yang telah didapat.

Visi dan Misi

Menjadi suatu usaha padat karya yang sukses di bidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa memanfaatkan serta mengembangkan jajanan kuliner kekinian dipadukan dengan jajanan tradisional.

Misi

  • Membangun spot – spot yang nyaman dan memberikan kesan bagi para konsumen.
  • Memanjakan pecinta masakan nasi goreng dan para pecinta warna.

 Keunggulan Produk

  • Mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan berbagai warna yang berasal dari bahan-bahan alami.
  • Mempunyai cita rasa yang berbeda dari minuman boba lainnya
  • Disajikan dalam bentuk yang menarik dan memikat hati.

Program Pemasaran 

Diferensiasi
Perbedaan produk kami dengan produk lainnya adalah dalam hal keunikannya..

Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha kami ini adalah produk kuliner berupa susu boba topping jenang dimana komposisinya disesuaikan sesuai selera customer.

Harga  
Harga yang kami tetapkan adalah harga yang standar yang sudah  disesuaikan kantong mahasiswa. Yaitu berkisar antara Rp 10.000 – Rp.15000

Promosi

  • Dipasarkan melalui daring menggunakan word of mouth atau testimoni di Instagram

Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi

A. Rencana Investasi (estimasi)
Total Biaya Investasi                                        Rp 16.000.000

B. Biaya pra operasional (estimasi)
Total biaya pra operasional    Rp 15.700.000
Saldo                                                                   Rp      300.000

C. Proyeksi Penjualan (estimasi)
Total Penjualan 1 tahun  Rp 63.575.000

D. Proyeksi Laba/ Rugi (estimasi)
Total laba selama 1 tahun         Rp  15.825.000 

E. Analisis Kelayakan Usaha

KeteranganHasil AnalisisKesimpulan
NPVRp   4 .417.500Go proyek
BCR1,27Go proyek

F.  Sumber daya pendukung

• Bangunan 

Untuk mendukung usaha ini kami telah menyewa ruko yang berada di Jln. Pogung yang merupakan salah satu jalan yang ramai di daerah kampus.

• Manusia

Usaha ini didirikan oleh saya yang merupakan mahasiswa jadi saya dapat mengetahui selera dan kondisi mahasiswa.

Rencana Pengembangan Produk

Apabila usaha ini sudah berjalan agak  lama dan sudah dikenal oleh orang banyak sehingga menjadikan usaha ini lancar dan mempunyai konsumen tetap. Dengan demikian kami akan menghadirkan produk baru setiap bulannya sehingga konsumen tidak merasa jenuh. konsumen untuk membeli produk kami, sehingga konsumen puas kami pun juga puas.

Tabel  Perkiraan Persentase Pelanggan

SegmenJumlah (%)
Mahasiswa UGM, UNY80 %
Masyarakat Umum20 %
Total100%

Analisis Persaingan

Mendirikan usaha di tempat yang strategis memang menguntungkan apalagi di daerah yang ramai seperti kampus. Bisnis kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena merupakan produk yang selalu dicari orang. 

Akan tetapi penjual minuman juga cukup banyak dan bersaing di dekat kampus UGM. Untuk menarik minat konsumen para penjual menawarkan produknya dengan harga murah, cita rasa yang enak, dan tempat yang nyaman, serta promosi diskon jika produk kami di mention dalam story Instagram.

Dengan kondisi di atas membuat kami yakin bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk yang telah beredar di Pasar. Hal ini dikarenakan belum adanya produk serupa yang diperjualbelikan sehingga membuat konsumen tertantang untuk mencoba.

Analisis S.W.O.T 

Usaha boba susu topping jenang apabila dianalisis dengan metode S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) adalah sebagai berikut :

Strength (kekuatan) :

  • Memiliki lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, nyaman, aman dan menarik konsumen.
  • Mempunyai produk yang belum beredar di pasar.
  • Menerapkan harga yang disesuaikan dengan mahasiswa.
  • Mempunyai jam buka yang panjang ( dari pukul 06.30 – 22.00 WIB)

Weakness (kelemahan) :

  • Usaha ini masih merupakan usaha baru yang belum banyak diketahui oleh konsumen.
  • Masih terbatasnya warna alami yang disesuaikan dengan warna kesukaan konsumen.
  • Tempat usaha yang bukan merupakan tempat pribadi sehingga dapat mempersulit pengembangan usaha ini kedepannya.

Opportunity (kesempatan) :

  • Belum adanya produk yang sama dengan yang kami tawarkan.
  • Keinginan orang untuk mencari produk yang unik dan jarang ada di pasar.

Threat (ancaman) :

  • Bertambahnya penjual nasi goreng yang menawarkan produk mereka dengan harga yang murah.
  • Semakin banyaknya orang yang menawarkan makanan yang unik lainnya.

KEUANGAN

Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi

Rencana Investasi (estimasi)

Dana pribadi                                     Rp   14.000.000
Pinjaman Koperasi                            Rp   2000.0000

Total Biaya Investasi                                                Rp 16.000.000

Biaya pra operasional (estimasi)

Sewa tempat                                     Rp    8.000.000
Izin Usaha                                          Rp    1.500.000
Meja 6 buah   @ Rp 200.000           Rp    1.200.000
Kursi 20 buah @ Rp   40.000           Rp       800.000
Televisi                                               Rp       750.000
Pengecatan                                        Rp       250.000
Pembelian bahan                              Rp    1.500.000
Peralatan masak                                Rp    1.500.000
Promosi                                             Rp       200.000

Total biaya pra operasional                                                 Rp 15.700.000

Saldo                                                                      Rp      300.000

Proyeksi Penjualan (estimasi)

o   1 bulan pertama

900 @ Rp 10.000 Rp   9.000.000

Total penjualan                                                           Rp 9000.000

Total penjualan bulan kedua x2   Rp 9000.000

Total penjualan 2 bulan pertama                                                 Rp 18.000.000

KESIMPULAN

Dilihat dari segi pemasaran, masih terdapat peluang yang cukup besar karena produk yang kami tawarkan tergolong unik dan menarik dan belum ada produk serupa di pasaran. 

Dilihat dari segi manajemen, usaha ini dikembangkan dan dikelola oleh saya pribadi dan dengan bantuan karyawan yang mempunyai usaha keras. Sehingga kami terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi usaha ini.

Dilihat dari aspek keuangan, baik ketersediaan modal dan analisis finansial yang kami lakukan membuat usaha ini cukup menguntungkan meskipun memerlukan waktu untuk mencapai keuntungan yang lebih besar.

Penjualan sudah balik modal setelah dua bulan penjualan.

Dengan melihat berbagai segi di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk dilakukan. Untuk itu agar usaha ini sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras sehingga usaha ini dapat menjadi usaha yang sukses di kemudian hari.

Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa
Sumber gambar: fiverr

Nah itulah, contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa. Tidak rumit bukan?

Semoga setelah ini kamu bisa membuat contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa milik kamu sendiri ya

Semoga bermanfaat !

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!