
Apa itu business plan?
Ya mungkin sebagian dari kita sudah familiar dengan kata ini. Namun ada juga yang belum.
Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyusun Business Plan.
Business Plan adalah:
“A good definition: A business plan is a document that convincingly demonstrates the ability of your business to sell enough of its product or service to make a satisfactory profit and be attractive to potential backers”.
Artinya Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa pada dasarnya sama seperti Business plan pada umumnya, yakni berupa dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal, maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha.
Lengkap dengan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia.

contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa yakni memiliki pertanyaan tentang
Business plan seakan-akan menjawab pertanyaan: Where am I now? Where am I going? How will I get there?
Business plan dibuat dalam bentuk jangka pendek ataupun jangka panjang yang pertama kali diikuti untuk tiga tahun berjalan. Business plan merupakan rencana perjalanan atau road map yang akan diikuti oleh wirausaha.
Business plan ditujukan untuk investor yang potensial seperti perbankan, konsultan, staf karyawan, pemasok barang dan bahkan konsumen akan mempelajari business plan ini.
Sebuah business plan dapat dinilai oleh pembaca dengan memberikan bobot penilaian sangat bagus, bagus, sedang, dan kurang baik.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa, antara lain:
1. Isi yang jelas dan mudah dipahami
Artinya adalah sejauh mana isi proposal mudah dipahami khususnya pernyataan mengenai bidang usaha, legalitas, jumlah tenaga kerja, kompetitor usaha hingga modal yang dimiliki/dibutuhkan.
Tanpa kejelasan pada poin-poin tersebut, bisnis yang akan dijalankan akan kesulitan mendapatkan investor atau rekan kerja karena dianggap terlalu wordy dan tidak to the point.

2. Usahakan isi lengkap dan sesuai dengan rencana
Perlu diingat meskipun ini masih contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa namun harus dibuat sesingkat dan sepadat mungkin, jangan sampai isinya kurang dan tidak lengkap. Pastikan seluruh maksud dan rencana kita tertuang di dalamnya.
3. Jujur
Selain itu, jangan juga menutup-nutupi sesuatu yang sebenarnya kita rencanakan. Sebab, hal ini bisa berdampak pada kepercayaan investor maupun rekan bisnis di kemudian hari. Jangan pula melebih – lebihkan manfaat atau dana yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
4. Sertakan data-data akurat sebagai pendukung
Berbicara tanpa data adalah suatu hal yang sia – sia. Proposal yang baik akan menyertakan data-data yang berkaitan dengan rencana bisnis yang mendukung rencana bisnis itu sendiri.
contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa bisa disimak sebagai berikut:

RINGKASAN EKSEKUTIF
Bisnis yang akan saya kembangkan adalah usaha di bidang kuliner yaitu nasi susu boba topping jenang daerah. Hal ini dikarenakan saya suka dalam hal kuliner manis.
Selain itu produk serupa juga belum ada di pasar, sehingga kemungkinannya dapat bersaing dengan produk lainnya. Lokasi yang strategis yaitu di daerah kampus juga merupakan salah satu motivasi untuk mendirikan usaha ini.
Tujuan
Tujuan dari pendirian usaha ini adalah sebagai berikut :
- Sebagai usaha untuk mencari pendapatan dan memberikan perkerjaan bagi orang lain.
- Memberikan tempat untuk para boba dan kuliner manis lainnya
- Untuk menyalurkan hobi dan sebagai praktek dari perkuliahaan yang telah didapat.
Visi dan Misi
Menjadi suatu usaha padat karya yang sukses di bidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa memanfaatkan serta mengembangkan jajanan kuliner kekinian dipadukan dengan jajanan tradisional.
Misi
- Membangun spot – spot yang nyaman dan memberikan kesan bagi para konsumen.
- Memanjakan pecinta masakan nasi goreng dan para pecinta warna.
Keunggulan Produk
- Mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan berbagai warna yang berasal dari bahan-bahan alami.
- Mempunyai cita rasa yang berbeda dari minuman boba lainnya
- Disajikan dalam bentuk yang menarik dan memikat hati.
Program Pemasaran
Diferensiasi
Perbedaan produk kami dengan produk lainnya adalah dalam hal keunikannya..
Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha kami ini adalah produk kuliner berupa susu boba topping jenang dimana komposisinya disesuaikan sesuai selera customer.
Harga
Harga yang kami tetapkan adalah harga yang standar yang sudah disesuaikan kantong mahasiswa. Yaitu berkisar antara Rp 10.000 – Rp.15000
Promosi
- Dipasarkan melalui daring menggunakan word of mouth atau testimoni di Instagram
Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi
A. Rencana Investasi (estimasi)
Total Biaya Investasi Rp 16.000.000
B. Biaya pra operasional (estimasi)
Total biaya pra operasional Rp 15.700.000
Saldo Rp 300.000
C. Proyeksi Penjualan (estimasi)
Total Penjualan 1 tahun Rp 63.575.000
D. Proyeksi Laba/ Rugi (estimasi)
Total laba selama 1 tahun Rp 15.825.000
E. Analisis Kelayakan Usaha
Keterangan | Hasil Analisis | Kesimpulan |
NPV | Rp 4 .417.500 | Go proyek |
BCR | 1,27 | Go proyek |
F. Sumber daya pendukung
• Bangunan
Untuk mendukung usaha ini kami telah menyewa ruko yang berada di Jln. Pogung yang merupakan salah satu jalan yang ramai di daerah kampus.
• Manusia
Usaha ini didirikan oleh saya yang merupakan mahasiswa jadi saya dapat mengetahui selera dan kondisi mahasiswa.
Rencana Pengembangan Produk
Apabila usaha ini sudah berjalan agak lama dan sudah dikenal oleh orang banyak sehingga menjadikan usaha ini lancar dan mempunyai konsumen tetap. Dengan demikian kami akan menghadirkan produk baru setiap bulannya sehingga konsumen tidak merasa jenuh. konsumen untuk membeli produk kami, sehingga konsumen puas kami pun juga puas.
Tabel Perkiraan Persentase Pelanggan
Segmen | Jumlah (%) |
Mahasiswa UGM, UNY | 80 % |
Masyarakat Umum | 20 % |
Total | 100% |
Analisis Persaingan
Mendirikan usaha di tempat yang strategis memang menguntungkan apalagi di daerah yang ramai seperti kampus. Bisnis kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena merupakan produk yang selalu dicari orang.
Akan tetapi penjual minuman juga cukup banyak dan bersaing di dekat kampus UGM. Untuk menarik minat konsumen para penjual menawarkan produknya dengan harga murah, cita rasa yang enak, dan tempat yang nyaman, serta promosi diskon jika produk kami di mention dalam story Instagram.
Dengan kondisi di atas membuat kami yakin bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk yang telah beredar di Pasar. Hal ini dikarenakan belum adanya produk serupa yang diperjualbelikan sehingga membuat konsumen tertantang untuk mencoba.
Analisis S.W.O.T
Usaha boba susu topping jenang apabila dianalisis dengan metode S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) adalah sebagai berikut :
Strength (kekuatan) :
- Memiliki lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, nyaman, aman dan menarik konsumen.
- Mempunyai produk yang belum beredar di pasar.
- Menerapkan harga yang disesuaikan dengan mahasiswa.
- Mempunyai jam buka yang panjang ( dari pukul 06.30 – 22.00 WIB)
Weakness (kelemahan) :
- Usaha ini masih merupakan usaha baru yang belum banyak diketahui oleh konsumen.
- Masih terbatasnya warna alami yang disesuaikan dengan warna kesukaan konsumen.
- Tempat usaha yang bukan merupakan tempat pribadi sehingga dapat mempersulit pengembangan usaha ini kedepannya.
Opportunity (kesempatan) :
- Belum adanya produk yang sama dengan yang kami tawarkan.
- Keinginan orang untuk mencari produk yang unik dan jarang ada di pasar.
Threat (ancaman) :
- Bertambahnya penjual nasi goreng yang menawarkan produk mereka dengan harga yang murah.
- Semakin banyaknya orang yang menawarkan makanan yang unik lainnya.
KEUANGAN
Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi
Rencana Investasi (estimasi)
Dana pribadi Rp 14.000.000
Pinjaman Koperasi Rp 2000.0000
Total Biaya Investasi Rp 16.000.000
Biaya pra operasional (estimasi)
Sewa tempat Rp 8.000.000
Izin Usaha Rp 1.500.000
Meja 6 buah @ Rp 200.000 Rp 1.200.000
Kursi 20 buah @ Rp 40.000 Rp 800.000
Televisi Rp 750.000
Pengecatan Rp 250.000
Pembelian bahan Rp 1.500.000
Peralatan masak Rp 1.500.000
Promosi Rp 200.000
Total biaya pra operasional Rp 15.700.000
Saldo Rp 300.000
Proyeksi Penjualan (estimasi)
o 1 bulan pertama
900 @ Rp 10.000 Rp 9.000.000
Total penjualan Rp 9000.000
Total penjualan bulan kedua x2 Rp 9000.000
Total penjualan 2 bulan pertama Rp 18.000.000
KESIMPULAN
Dilihat dari segi pemasaran, masih terdapat peluang yang cukup besar karena produk yang kami tawarkan tergolong unik dan menarik dan belum ada produk serupa di pasaran.
Dilihat dari segi manajemen, usaha ini dikembangkan dan dikelola oleh saya pribadi dan dengan bantuan karyawan yang mempunyai usaha keras. Sehingga kami terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi usaha ini.
Dilihat dari aspek keuangan, baik ketersediaan modal dan analisis finansial yang kami lakukan membuat usaha ini cukup menguntungkan meskipun memerlukan waktu untuk mencapai keuntungan yang lebih besar.
Penjualan sudah balik modal setelah dua bulan penjualan.
Dengan melihat berbagai segi di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk dilakukan. Untuk itu agar usaha ini sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras sehingga usaha ini dapat menjadi usaha yang sukses di kemudian hari.

Nah itulah, contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa. Tidak rumit bukan?
Semoga setelah ini kamu bisa membuat contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa milik kamu sendiri ya
Semoga bermanfaat !
Sangat membantu buat ngerjain tugas, makasih ya