Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses

Business Hack

cara menjadi reseller online shop
Sumber gambar: Pinterest

Menggeluti usaha tanpa harus pusing memikirkan modal sudah bukan hal baru lagi dalam dunia usaha. Sudah ada banyak usaha yang mampu dirintis tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller.

Sebelum orang beramai-ramai menggeluti bisnis online, banyak dari produsen brand ternama yang merekrut reseller untuk menjajakan produknya ke berbagai daerah. Alasannya sederhana yaitu agar konsumen dapat menjangkau produk yang mereka buat dengan mudah.

Sebab reseller-reseller ini biasanya terdiri dari para ibu rumah tangga yang menawarkan produk yang mereka jual dari rumah ke rumah. Dengan begitu, produk yang mereka jual dapat dikenal langsung oleh konsumen dan tentu ditambah dengan promosi dari reseller itu sendiri untuk meningkatkan minat pasar.

Tidak jauh berbeda dengan sekarang yang segalanya sudah terjamah teknologi, produsen-produsen masih banyak yang menggunakan jasa reseller untuk menjangkau minat masyarakat. Alasannya tentu saja tidak hanya agar produk mereka lebih dikenal oleh masyarakat, tapi juga untuk menekan harga produk.

Bagi anda yang kerap berbelanja online tentu paham dengan dilemma satu ini, yaitu biaya ongkir. Harga semurah apa pun jika pada akhirnya terkena biaya ongkir yang mahal akan membuat kita menjadi berpikir ulang untuk membeli produk yang kita inginkan. Kemungkinannya lalu kita memilih produk alternatif lain dengan jarak lebih dekat agar biaya ongkir yang dikeluarkan tidak begitu besar.

Itulah sebabnya, meskipun sudah ada banyak fasilitas yang memudahkan seorang produsen untuk menawarkan produknya, merekrut reseller masih banyak dilakukan oleh para produsen. Sebab dengan banyaknya reseller yang ia miliki, produk mereka akan lebih mudah untuk dijangkau oleh para calon pembeli.

Tidak hanya menguntungkan dari sisi produsen, seperti yang dikatakan pada paragraf pertama, memulai usaha dengan menjadi reseller ini masih banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya kaum ibu-ibu rumah tangga. Sebab hanya dengan mengeluarkan modal yang cukup kecil, para reseller ini bisa mengambil keuntungan yang besar apabila produk yang mereka tawarkan laris terjual.

Akan tetapi dibalik kemudahan mendapatkan keuntungan dengan menjadi reseller, tidak jarang para reseller ini mengalami kegagalan. Banyak hal yang bisa menyebabkan para reseller ini mengalami kegagalan. Bisa dikarenakan promosi yang dilakukan kurang baik, kurangnya koneksi dengan orang-orang disekitarnya, atau ketidakkonsistenan ia dalam menjajakan produknya bisa menjadi penyebab seorang reseller gagal.

Nah sebelum anda memulai usaha dengan menjadi seorang reseller online shop, ada baiknya anda memperhatikan cara menjadi reseller online shop yang sukses di bawah ini.

1. Mengenali Produk dengan Baik

mengenali produk dengan baik
Sumber gambar: Pinterest

Jika anda memutuskan untuk menjadi reseller sebuah produk, anda harus mengenali betul produk yang akan anda jual. Misalkan anda menjadi seorang reseller sebuah masker kecantikan organik, anda harus mengetahui segala sesuatu mengenai produk masker tersebut. Mulai dari bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut, cara memakai produk dengan baik dan benar, sampai pada manfaat yang dihasilkan oleh produk masker organik yang anda jual.

Jangan sampai ketika anda menjadi seorang reseller, anda tidak tahu betul produk yang anda akan jual. Sebab anda harus memperkenalkan produk yang anda jual dengan baik ke masyarakat untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut.

Apabila anda mampu mengetahui produk yang anda jual dengan baik, anda dapat memprosikan produk tersebut dengan baik. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik untuk membeli produk yang anda jual dan anda akan meraih banyak keuntungan.

2. Mengenali Kompetitor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa persaingan antar reseller saat ini sangat ketat. Sebagian besar produk yang sedang diminati oleh masyarakat, memiliki reseller untuk menawarkan produknya. Oleh sebab itu, reseller-reseller terus bermunculan di mana-mana yang menyebabkan persaingan antar reseller menjadi ketat.  

Maka dari itu, cara menjadi reseller online shop yang sukses berikutnya adalah pastikan anda mengenali kompetitor anda. Sebaik apa pun atau sebanyak apa pun peminat dari produk yang anda jual, jika anda memiliki banyak pesaing, keuntungan yang dihasilkan akan menjadi kecil.

Sebab calon pembeli memiliki banyak pilihan untuk membeli produk yang anda jual karena ada banyak reseller yang menawarkannya. Oleh sebab itu, semakin sedikit pesaing yang anda punya, semakin baik perkembangan usaha anda. Anda dapat memiliki banyak pelanggan.

3. Mengenali Supplier dengan Baik

Cara menjadi reseller online shop yang sukses yang ketiga adalah mengenali supplier anda dengan baik. Supplier adalah orang atau perusahaan yang akan bekerja sama dengan anda dalam anda membangun usaha. Oleh sebab itu, anda harus mengenali supplier anda dengan baik.

Sebelum menjadi seorang reseller, ada baiknya anda untuk mencari tahu latar belakang supplier produk yang akan anda jual sebelum bergabung. Apabila supplier anda adalah orang atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab, itu akan sangat merugikan anda di kemudian hari.

Anda akan kesulitan mendapatkan produk yang akan anda jual jika mereka mengirimkan produk kepada anda dalam waktu yang lama. Atau anda akan mendapatkan banyak keluhan dari konsumen, jika ternyata barang yang anda jual memiliki produk yang buruk. Lebih parahnya lagi, jika ternyata supplier anda tidak memiliki izin yang legal dalam berusaha. Tentu itu akan sangat menyulitkan anda.

Maka dari itu, anda perlu untuk mengenali latar belakang supplier anda. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada reseller lain yang telah bekerja sama dengan supplier yang akan anda tuju. Hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu seberapa baik supplier yang anda tuju dalam melakukan kerja sama.

4. Melakukan Promosi Produk dengan Baik

melakukan promosi dengan baik
Sumber gambar: Pinterest

Setelah anda mengikuti cara menjadi reseller online shop yang sukses di atas, cara menjadi reseller online shop yang sukses selanjutnya adalah melakukan promosi dengan baik. Penting bagi seorang reseller online shop untuk melakukan promosi agar online shop yang anda kelola dapat diketahui masyarakat luas.

Jika anda tidak melakukan promosi dengan baik, besar kemungkinan online shop yang anda kelola tidak akan berkembang. Sebab tidak ada yang tahu mengenai toko yang anda miliki. Cara-cara yang bisa ditempuh untuk melakukan promosi bisa dengan  gencar melakukan iklan terkait online shop anda di media sosial.

Jangan lupa untuk memberitahu seluruh kenalan anda dan meminta mereka untuk ikut mempromosikan online shop yang anda miliki. Dengan begitu, cara menjadi reseller yang sukses yang anda telah ikuti sebelumnya dapat membuahkan hasil.Mudah bukan cara menjadi reseller online shop yang sukses di atas? Dengan segala fasilitas yang serba ada saat ini anda dapat dengan mudah menjadi seorang reseller yang sukses dengan menerapkan cara-cara di atas. Jadi tunggu apalagi? Mulai online shop anda dari sekarang dengan menjadi seorang reseller. Jangan lupa untuk melakukannya dengan sepenuh hati agar online shop yang anda rintis dapat berjalan sukses.

Bagi Anda yang baru ingin memulai menjadi reseller tapi tidak punya modal, klik di sini untuk mengetahui cara untuk menjadi reseller online shop tanpa modal!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!