Bingung? Ini Tips dan Cara Mencari Supplier Baju Murah

Business Hack

Supplier Baju Murah
Sumber gambar: Amazonaws

Ketika Anda berjalan-jalan ke pasar atau suatu toko pusat perbelanjaan dengan harga yang terjangkau, mungkin sempat terpikir oleh Anda, “Bagaimana cara orang-orang ini mendapatkan untung dari harga murah yang mereka tawarkan? Apakah melalui supplier baju murah?”

Ya, benar sekali, supplier baju murah adalah jawabannya. 

Kemudian Anda bertanya-tanya, “Bagaimana bisa mereka memperoleh supplier baju murah?”

Dari situ, mungkin Anda mulai memikirkan untuk membuka usaha serupa, ya, tentu dengan menemukan supplier baju murah, bisa saja Anda memperoleh keuntungan yang cukup besar bahkan hanya dengan menawarkan harga yang cukup murah kepada konsumen Anda.

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai tips dan cara mencari supplier baju murah. Tapi, sebelumnnya, tentu jika Anda ingin membuka bisnis atau usaha baru, Anda perlu paling sedikit melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tentukan niche

Tentukan niche
Sumber gambar: Trash is For Tossers

Anda mungkin orang yang kreatif, dengan sesuatu yang berbeda untuk ditawarkan dalam industri yang bergerak cepat. Kemungkinan Anda telah melihat celah di pasar, atau mempertimbangkan desain unik untuk grup pelanggan tertentu.

Apa pun inspirasi Anda untuk memulai toko baju melalui supplier baju murah, penting untuk menentukan ceruk pasar dari awal. Apakah Anda berencana membuat fanbase untuk satu item tertentu? Atau bisa juga gaya tertentu yang ada dalam benak Anda untuk lini pakaian Anda – misalnya produk anak yang kembali dirinci dengan berfokus pada desain yang dijual oleh merek gaya hidup..

Ketahui ceruk pasar Anda, dan ingatlah itu. Sekalipun Anda bercabang dan memperkenalkan banyak desain lain seiring berjalannya waktu, ide orisinal Anda memberi Anda warisan, prinsip panduan, dan alasan untuk diingat.

2. Budget (rencana bisnis)

Ingatlah, industri mode terkenal sulit diprediksi. Perencanaan Anda harus fleksibel karena tidak ada jaminan akan keberhasilan rencana Anda. Jadi, Anda harus siap menghadapi tantangan.

Jika Anda memerlukan rencana bisnis, maka mulailah dengan memaku dasar-dasarnya. Anda harus memberikan ikhtisar bisnis Anda, termasuk ringkasan eksekutif, dan garis besar yang jelas tentang bagaimana garis pakaian Anda akan mulai, tumbuh dan bersiap untuk berkembang.

Anda juga harus memasukkan analisis yang telah Anda lakukan, untuk memahami target pasar Anda dan pesaing apa pun, termasuk bagaimana cara Anda dalam mencari supplier baju murah.

Rencana Anda juga harus menjabarkan siapa yang terlibat dalam bisnis Anda dan apa yang mereka lakukan, apakah itu hanya Anda, atau Anda bekerja dengan orang lain. Anda harus meninggalkan ruang untuk produk, tentu saja, dan berbicara tentang rencana apa pun yang Anda miliki untuk branding, penjualan dan pemasaran, serta operasi.

3. Atur bisnis Anda

Atur bisnis Anda
Sumber gambar: Menback

Bahkan jika Anda tidak menulis rencana bisnis lengkap, prinsip yang sama berlaku saat mengatur usaha Anda. Anda mungkin berencana hanya untuk membeli mesin jahit dan langsung bekerja, atau langsung mencari supplier baju murah. Meskipun demikian, hal-hal tersebut merupakan komitmen waktu dan sumber daya yang Anda miliki. Oleh sebab itu, jangan biarkan bisnis Anda ‘terlepas’ dari genggaman Anda.

4. Buat desain toko Anda

Untuk bisnis pakaian apa pun, salah satu tahap yang paling menarik adalah pengembangan produk. Bahkan jika Anda hanya memiliki konsep desain untuk satu produk di masa-masa awal ini, mulailah mendapatkannya di atas kertas atau layar, sebagai sketsa. Setelah Anda siap, ubah ide-ide kasar menjadi sketsa digital yang dipakukan.

5. Buat brand toko Anda

Sebagai toko baju, Anda harus kreatif meskipun beberapa produk Anda bergantung pada supplier baju murah. Hal ini akan membantu Anda dalam mengembangkan merek untuk usaha pakaian Anda. Pilih nama merek yang menarik bagi audiens target Anda.

Sudahkah Anda mengikuti lima tahap tersebut?

Jika sudah, setelah Anda melaksanakan lima tahap cara membuka bisnis baju di atas, maka saatnya masuk ke bagian tips dan cara mencari supplier baju murah berikut:

1. Target market

Target market
Sumber gambar: Alona

Sebelum menentukan supplier baju murah, Anda perlu menentukan apakah Anda ingin berjualan baju untuk kalangan kelas menengah ke bawah atau menengah ke atas. Atau biar lebih spesifik lagi, apakah Anda ingin berjualan baju muslim, baju fashion atau baju biasa pada umumnya.

Jika Anda sudah menentukan target pasar yang hendak Anda sasar, Anda pastinya akan lebih mudah menemukan supplier yang tepat.

2. Berapa modal yang Anda miliki?

supplier baju murah
Sumber gambar: Trade Exchange

Sesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli dari supplier baju murah tanpa memperhatikan modal yang Anda miliki untuk membuat usaha pakaian Anda beroperasi.

Selain itu, mengetahui kapasitas modal akan membuat Anda lebih mudah membuat perhitungan untuk stok barang Anda nantinya.

Beberapa distributor hanya melayani pembelian barang dalam jumlah besar atau biasa disebut grosir. Oleh karena itu Anda harus membuat perhitungan yang cermat untuk modal yang Anda miliki. Sebelum order pastikan stok mencukupi untuk toko Anda.

3. Relasi

cara cari supplier baju
Sumber gambar: Dictio

Salah satu tips dalam mencari supplier baju murah adalah dengan mengandalkan relasi.

Jika Anda masih baru dalam berbisnis baju murah, sebaiknya Anda menanyakan langsung kepada orang orang terdekat Anda yang mengetahui supplier baju yang terpercaya dan dapat diandalkan. Hal ini sangat penting demi keamanan dan juga demi pembelajaran.

Di dunia bisnis dengan persaingan ketat ini, sangat diperlukan untuk berhati-hati. Jika Anda sembarangan memilih supplier, bisa saja Anda terkena tipu nantinya. Agar hal ini tidak terjadi, maka lebih baik mencari supplier yang sudah digunakan oleh orang terdekatmu, atau orang yang Anda kenal.

4. Jarak antara supplier dengan toko Anda

jarak antara supplier dan toko
Sumber gambar: Medium

Percuma saja jika Anda telah menemukan supplier baju murah namun memiliki jarak yang cukup jauh dari lokasi Anda. Hal tersebut hanya akan menambah beban di Anda terutama di biaya pengiriman atau transportasi. Itu pun tidak murah karena untuk memperoleh utility yang lebih besar, maka mau tidak mau Anda harus membeli stok yang lebih banyak agar biaya pengiriman tersebut tidak sia-sia.

Oleh karena itu, jarak sangat penting dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih supplier.

5. Pilih produk

pilih produk
Sumber gambar: Sourcing Journal

Dengan kemajuan teknologi saat ini Anda sebenarnya lebih mudah menemukan supplier baju murah yang tepat untuk toko Anda. Bahkan menerima pasokan barang dari luar negeri juga dapat dengan mudah dilakukan saat ini.

Memilih produk lokal atau produk impor juga perlu Anda lakukan karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Kalitas produk lokal dapat Anda lihat langsung karena Anda bisa mengunjungi tempat produksinya dan juga komunikasi antara Anda dengan supplier lebih mudah dilakukan.

Sedangkan untuk produk import kualitasnya tak dapat Anda ketahui secara langsung, atau jika Anda ingin mengunjungi langsung tempat produksinya pastinya akan mengeluarkan biaya lebih besar.

6. Pentingnya reputasi

Pentingnya reputasi supplier baju murah
Sumber gambar: Rikon

Hal lain yang juga tak kalah penting untuk Anda lakukan dalam,mencari supplier baju murah adalah mengetahui bagaimana reputasi supplier tersebut di kalangan penjual. Sebaiknya Anda memilih supplier yang memiliki reputasi baik yang memperlakukan para rekan bisnisnya dengan baik.

7. Komunitas

cara cari supploer baju murah
Sumber gambar: 4 Assets

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier baju murah yang tepat untuk bisnis baju Anda adalah Anda perlu mengikuti komunitas bisnis baju baik di media sosial atau lingkungan sekitar Anda. Dengan bergabung bersama komunitas tersebut Anda memiliki kesempatan bertemu dengan berbagai jenis orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Demikian informasi mengenai tips dan cara mencari supplier baju murah.

Namun, tetaplah ingat untuk jangan terlalu mudah tergiur dengan harga yang murah saja. Pastikan juga Anda memperoleh kualitas yang baik. Dengan demikian, tentu konsumen Anda akan memperoleh value dari toko Anda, tidak hanya sebatas produk Anda, meskipun berasal dari supplier baju murah.

Semoga artikel mengenai tips dan cara mencari supplier baju murah ini bermanfaat. Selamat berjualan!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!