Bingung Buka Usaha Apa? Yuk Simak 7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Business Idea

bisnis untuk mahasiswa pemula
Sumber gambar: StartupStockPhotos dari Pixabay 

Secara statistik, 98% dari semua bisnis baru yang terdaftar di seluruh dunia dikategorikan sebagai perusahaan skala kecil yang dimiliki dan dioperasikan oleh pengusaha. Usaha kecil menghasilkan lapangan kerja dan merangsang pengeluaran agregat yang baik untuk ekonomi. Jadi, pengusaha adalah mesin pertumbuhan global. 

Di samping itu, menjadi mahasiswa di perguruan tinggi dapat menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi jiwa kewirausahaan. Dan ada bermacam-macam peluang bisnis yang dapat dimulai oleh mahasiswa tanpa banyak biaya atau memforsir waktu.

Pada kenyataannya, ada banyak ide bagus yang bisa dimanfaatkan oleh pemula. Yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah ide adalah momen inspirasi. Kemudian, tantangannya adalah membuat gagasan itu sampai pada eksekusi. Mau tidak mau, hal itu bermuara pada komitmen dan dedikasi untuk menjadi seorang entrepreneur. Oleh karena itu, simaklah beberapa ide bisnis untuk mahasiswa pemula di bawah ini dan pilih yang cocok buat Anda.

1. Influencer

Sering kita lihat berbagai acara di youtube atau televisi yang memperlihatkan seseorang yang dapat menghasilkan uang dengan mudah dengan memberikan motivasi dan berbicara kepada orang lain. Orang itu biasa disebut influencer.

Apakah saat ini Anda merasa memiliki keahlian spesifik tertentu dan ingin orang lain mengetahuinya. Anda dapat menjadi seorang influencer dengan memanfaatkan media sosial yang Anda punya, seperti Youtube dan Instagram. Setelah Anda cukup memiliki pengikut, maka mungkin saja perusahaan akan memasang iklan pada postinganmu, atau mengundangmu dalam acara mereka. Di situlah uang akan bekerja.

2. Tutor

Jika Anda memiliki keahlian dalam topik akademik tertentu, jangan lewatkan kesempatan berbisnis kali ini. Anda dapat menawarkan layanan pengajaran kepada mahasiswa lain atau tingkatan di bawahmu sebagai tutor untuk membantu mereka.

Bisnis ini sama sekali tidak memerlukan biaya. Anda hanya perlu memberikan tenaga dan waktumu untuk mentransfer ilmu kepada pelanggan anda Oleh karena itu, bisnis ini sangat cocok disebut bisnis untuk mahasiswa pemula. Anda hanya perlu membuat berita bahwa saat ini Anda membuka tutor dan menerima murid. Setelah itu, mereka akan segera datang kepadamu.

penjual online
Sumber Gambar: Tech in Asia

3. Penjual Online

Ide bisnis ini sedikit lebih luas dibandingkan dengan ide-ide yang lain tetapi menjadi penjual online dapat menjadi ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang cukup menjanjikan. Di Indonesia sendiri jumlah konsumen di situs-situs jual beli online semakin meningkat. 

Hal itu tidak lain karena di online shop, pembeli dapat leluasa melihat-lihat barang dan hamper semua barang tersedia. Inilah sebabnya mengapa belanja adalah salah satu hiburan paling populer di negara ini. Tidak masalah jika dana mereka terbatas, kita akan selalu tahu di mana menemukan penawaran terbaik.

Sebagai penjual online, Anda membawa barang dagangan kepada pelanggan Anda dengan kurir. Mereka tidak lagi harus meninggalkan kenyamanan rumah mereka untuk membeli barang dan jasa. Begitu pula denganmu. Memiliki bisnis e-commerce hari ini membuat berbelanja menjadi lebih nyaman, menyajikan penawaran yang lebih baik, dan dapat membantu Anda mendapatkan margin keuntungan yang lebih tinggi hanya dengan komputer dan internet.

4. Blogging

Bila Anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan namun tetap ingin menghasilkan uang, Anda bisa mencoba bisnis untuk mahasiswa pemula berupa blogging. Blogging, atau dalam Bahasa Indonesia berarti nge-blog, merupakan kegiatan menulis di situs-situs daring untuk dapat dikonsumsi oleh seluruh pengguna internet.  Blogging menjadi kegiatan populer bagi para pengusaha yang masih newbie. Hal itu dikarenakan aktivitas blogging yang mudah dan tidak membutuhkan banyak dana. 

Perlu diingat bahwa blogging bukan hanya tentang memiliki kemampuan untuk menulis. Untuk menjadi blogger yang efektif Anda harus menulis konten yang relevan, unik ,dan cukup menarik untuk memaksa pembaca untuk bertindak. Anda juga harus tahu cara memasukkan kata kunci dalam blog Anda. Kata kunci adalah kata atau frasa yang paling dicari saat meluncurkan kueri. Memasukkan kata kunci secara strategis akan membantu blog Anda ditemukan di Internet.Saat ini, blog telah menjadi salah satu pusat pemasaran konten. Meskipun konten dapat dikirimkan melalui video dan podcast, pengiriman melalui blog tetap efektif dan penting untuk kampanye pemasaran. Untuk itulah blogging menjadi suatu bisnis yang cukup menjanjikan bagi para mahasiswa yang masih newbie. Yuk, nge-blog!

Sumber Gambar: Plaza Bisnis

5. Layanan Perbaikan Komputer Rumahan

Saat ini, komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan primer bagi siswa SMA, mahasiswa, bahkan sampai para pegawai. Setiap orang di kampus Anda pasti juga memiliki laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Ketika laptop mereka rusak, mereka akan Nampak sangat kesusahan dan segera membawanya ke tempat reparasi laptop.

Mungkin Anda memiliki keahlian khusus di bidang komputer dan laptop, maka Anda dapat mencoba bisnis yang satu ini. Dengan menekuni bisnis ini, Anda bisa menghasilkan uang dan mendapat kepuasan batin. Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. 

6. Event Planner

Pernikahan adalah acara yang indah. Ini adalah salah satu tonggak terbesar dalam hidup karena idealnya, kita hanya boleh menikah sekali saja. Tetapi pada masa perencanaan atau pengonsepan, hal itu bisa sangat menegangkan bagi pasangan. Kita semua menginginkan “pernikahan dongeng”, tetapi waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini mungkin tidak sesuai ekspektasi. Menjadi event planner dapat menjadi salah satu bisnis untuk mahasiswa pemula yang cukup menjanjikan.

Jika Anda berbicara dengan teman-temanmu yang sudah menikah dan dulunya membuat pengaturan pernikahannya sendiri, mereka mungkin akan memberitahu Anda bahwa jika waktu boleh diulang, mereka seharusnya menyewa seorang event planner saja. Event planner memiliki sumber daya, koneksi, dan pengalaman untuk membantu Anda mencapai pernikahan impian Anda. Mereka memiliki jaringan pemasok dan kontraktor untuk bunga, undangan, makanan, fotografi, dan layanan lain yang dibutuhkan ketika acara besar seperti pernikahan.

Event planner tidak hanya terbatas pada acara pernikahan saja. Bisa juga untuk acara ulang tahun, kelahiran, pertunangan, dan sebagainya.  Apabila Anda tertarik menjadi seorang event planner, yang Anda butuhkan saat ini adalah jaringan yang kuat dengan pihak-pihak yang nantinya akan berhubungan dengan acaramu. Menjadi event planner memang tidak bisa sepenuhnya dikatakan untuk pemula. Namun Anda sangat boleh untuk mencobanya dengan menjadi event planner perayaan wisuda jurusanmu.

usaha desainer pakaian
Sumber gambar: Peggy und Marco Lachmann-Anke dari Pixabay

Jika Anda adalah mahasiswa yang mempunyai passion di bidang mode atau memiliki keahlian khusus di bidang desain, maka Anda patut mencoba bisnis untuk mahasiswa pemula ini.  Saat ini, banyak orang mengincar baju-baju dan outfit yang unik serta terkesan indie. Peluang itu dapat diubah menjadi bisnis yang menjanjikan dengan strategi berikut ini. 

Strategi yang paling hemat biaya adalah dengan open pre order. Anda cukup mendesain pakaian yang Anda inginkan, menentukan harganya, lalu menawarkannya kepada teman-teman Anda. Jika Anda beruntung, teman-teman Anda akan mempublikasikannya juga ke sosial media milik mereka. 

Sebagai mahasiswa yang mengerti mode, Anda dapat memulai lini pakaian milik Anda sendiri di kos atau asrama dan kemudian menjual desain Anda secara daring atau di butik-butik lokal.  Atau Anda bisa menggunakan pasar daring untuk menawarkan kaos dengan desain khusus milik Anda sendiri untuk dijual.

Teruskan dan kejar impian Anda untuk memiliki dan mengelola bisnis. Jika Anda memiliki ide yang tidak ada dalam daftar ini tetapi Anda merasa kuat tentangnya, silakan saja! Ini adalah pengejaran mulia yang dapat mengubah hidup Anda dan juga orang lain. Tidak peduli apakah Anda masih pemula, semua orang berhak untuk bermimpi!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!