Banyak Dicari, Ini Daftar Harga Masker 2020 Lengkap Beserta Jenis-jenisnya

Business Idea

Sumber gambar: Ayo Semarang

Harga masker menjadi salah satu dari sekian banyak topik yang sedang marak. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia!

Bagaimana tidak? Dilansir dari Tempo, tim riset Cina menemukan bahwa pasien pertama (patient zero) atau kasus pertama virus corona didiagnosis pada 17 November 2019. Siapa yang menyangka bahwa virus corona dapat menyebar begitu cepatnya, menyentuh berbagai negara dan benua hanya dalam hitungan bulan?

Dari hari ke hari, jumlah pasien terkonfirmasi positif corona semakin meningkat. Bahkan, terhitung 26 April 2020 pukul 08.09 GMT, sudah terdapat 2,923,656 kasus corona dengan jumlah kematian sebanyak 203,317 orang dan pasien sembuh sebanyak 837,609. Angka tersebut bukanlah angka yang sedikit.

Di Indonesia sendiri, terhitung 26 April 2020 pukul 08.09 GMT, sudah terdapat 8,607 kasus terkonfirmasi positif virus corona dengan jumlah kematian sebanyak 720 orang dan pasien sembuh sebanyak 1,042 orang. Tak heran, hal tersebut membuat masyarakat semakin was-was dan hati-hati dengan membeli masker sebagai salah satu alat perlindungan diri ketika berada di luar rumah.

Tentu, dalam hal ini, harga masker menjadi suatu masalah.

Tak sedikit oknum-oknum yang memanfaatkan pandemi ini demi meraup keuntungan sebesar-besarnya, mengingat stok masker yang terbatas dan permintaan yang tinggi. Tak tanggung-tanggung, mereka meningkatkan harga masker hingga ke level yang tak wajar. Tentu harga masker menjadi salah satu tantangan tersendiri karena tidak hanya kaum masyarakat yang membutuhkan masker, tetapi juga para dokter dan tenaga medis, petugas kebersihan, dan lain-lain.

Nah, tentu Anda perlu mengetahui sedikit lebih banyak mengenai jenis-jenis masker dan fungsinya agar berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Artikel ini juga akan memasukkan harga masker yang wajar di pasaran pada setiap jenis-jenisnya, lho!

Tunggu apa lagi? Berikut macam-macam masker beserta harga masker dan fungsinya:

1. Masker Kain

Sumber gambar: Cloudfront

Selain saling jaga jarak di tempat umum, warga yang beraktivitas di luar rumah kini disarankan juga untuk menggunakan masker kain. Meskipun hanya droplet besar, dan untuk yang kecil masih belum maksimal.

Masker kain melindungi penggunanya dari droplet, namun belum mampu melindungi Anda dari partikel udara (airbone).

Masker jenis ini memiliki efektivitas filtrasi pada 3 mikron 10% hingga 60%. Selain itu, masker ini bisa digunakan secara berulang, dengan syarat dicuci dulu.

Harga masker kain cenderung murah dan terjangkau. Saat ini, banyak orang yang bahkan dapat membuat masker kain milik sendiri di rumah. Biasanya, harga masker kain dijual dengan harga bekisar Rp2.000,00 – Rp50.000,00.

2. Masker N95

Harga Masker
Sumber gambar: Tagar

Masker N95 adalah pelindung wajah dengan penyaring partikel yang sesuai dengan standar N95 dari National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) air filtration rating Amerika Serikat. Masker N95 artinya mampu memfilter setidaknya 95 persen partikel yang melayang di udara, tetapi tidak tahan terhadap minyak seperti P95. Masker N95 adalah pelindung wajah dengan penyaringan partikel yang umum dijumpai. Masker N95 melindungi pernapasan dari partikel tapi tidak dari gas dan uap.

Masker N95 dianggap secara fungsi setara dengan Masker FFP2 dari Uni Eropa dan Masker KN95 dari Tiongkok. Walaupun begitu terdapat sedikit perbedaan kriteria dalam sertifikasi kemampuannya (efisiensi penyaringan, agen penguji, tingkat aliran udara dan perbedaan tekanan udara)

Masker N95 memerlukan jaring halus serat polimer sintetis yang biasa disebut kain non woven polypropylene, yang diproduksi dengan proses melt blowing yang membentuk filter bagian dalam yang menyaring partikel berbahaya.

Harga Masker N95 bekisar Rp50.000,00 – Rp400.000,00.

3. Masker Medis

Harga Masker
Sumber gambar: Tokopedia

Masker medis, juga dikenal sebagai masker bedah atau sekadar masker wajah, adalah masker yang dimaksudkan untuk dipakai oleh para tenaga kesehatan selama tindakan pembedahan dan selama perawatan untuk menahan bakteri yang terkandung dalam percikan cairan (droplet) dan aerosol dari hidung dan mulut penggunanya. 

Masker ini tidak dirancang untuk melindungi pemakainya dari menghirup bakteri atau partikel virus di udara dan kurang efektif dibandingkan respirator, seperti masker N95 atau FFP, yang memberikan perlindungan yang lebih baik karena bahan, bentuk, dan pencengkeramannya yang rapat.

Masker bedah banyak dipakai oleh masyarakat umum sepanjang tahun di negara-negara Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit di udara dan untuk mencegah menghirup partikel debu yang dihasilkan oleh polusi udara. Selain itu, masker bedah telah menjadi mode, khususnya dalam budaya Asia Timur kontemporer yang didukung oleh popularitas masker dalam budaya pop Jepang dan Korea yang berdampak besar pada budaya pemuda Asia Timur. 

Meningkatnya masalah kabut asap di Asia Selatan dan Tenggara membuat masker bedah dan masker penyaring udara sering digunakan di kota-kota besar di India, Nepal, dan Thailand ketika kualitas udara memburuk ke tingkat beracun. Masker wajah juga digunakan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura selama musim kabut asap Asia Tenggara. 

Masker penyaring udara bergaya bedah cukup populer di seluruh Asia sehingga banyak perusahaan memproduksi masker yang tidak hanya mencegah menghirup partikel debu udara tetapi juga modis.

Masker medis biasanya dijual per 5pcs masker sehingga tidak dijual satuan. Harga Masker Medis per 5pcs bekisar Rp15.000,00 – Rp200.000,00.

4. Facepiece Respirator

Harga Masker
Sumber gambar: Akamaized

Facepiece respirator atau masker gas berfungsi untuk melindungi diri dari gas dan uap yang berbahaya. Masker ini tidak menyaring partikel udara kecuali didesain dengan memiliki filter untuk menghalaunya.

Di antara yang lainnya, masker yang menutupi hampir seluruh permukaan wajah ini biasanya didesain untuk melindungi penggunanya dari percikan besar dan kecil, tanpa kebocoran dan efektifitas hingga 99%.

Masker ini bisa digunakan berulang setelah dilakukan disinfektasi sesuai dengan rekomendasi dari WHO.

Facepiece respirator jarang ditemui sehari-hari karena biasanya hanya digunakan para pekerja di bidang gas atau pekerjaan dengan tingkat kontaminasi tinggi.

Harga masker facepiece respirator bekisar Rp150.000,00 – Rp500.000,00.

Selain masker-masker di atas, masih ada masker N99, N100 dan P95. Namun, jenis-jenis masker tersebut cukup jarang dijumpai karena fungsinya yang kurang sesuai apabila digunakan oleh masyarakat umum.

Sudah tahu kan  mengenai jenis-jenis, fungsi, dan harga masker?

Harga Masker
Sumber gambar: Vexels

Tetap ikuti anjuran pemerintah dan laksanakan protokol keluar masuk rumah, ya! Jangan keluar rumah apabila tidak terpaksa. Selain itu, pastikan Anda mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara benar dan minimal 20 detik. Jaga jarak aman satu sama lain minimal 2 meter untuk meminimalisasi persebaran virus corona yang semakin tinggi.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis, fungsi, dan harga masker. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!