Aplikasi E-Learning yang akan Membantumu Selama Belajar di Rumah

Business Idea

aplikasi e-learning
Sumber: pinterest.com

Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menekan angka persebaran virus covid-19 di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan untuk menekan virus penyakit berbahaya tersebut adalah dengan meliburkan sekolah-sekolah dari SD hingga SMA. 

Hal tersebut dilakukan mengingat kondisi yang sudah tidak aman lagi bagi para siswa untuk tetap belajar di sekolah. Untuk menjaga para siswa dari paparan virus covid-19, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan agar para siswa belajar dari rumah. 

Akan tetapi, langkah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Sebab di beberapa sekolah, rencana untuk mengganti kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan dengan tatap muka secara langsung menjadi secara virtual belum terlaksana. Kendala fasilitas kerap menjadi alasan kesulitannya kelas virtual dilaksanakan. Oleh sebab itu, banyak dari tenaga pengajar untuk memastikan siswanya tetap belajar adalah dengan memberikan tugas.

Pemberian tugas untuk memastikan siswa-siswanya tetap belajar di rumah memang baik. Akan tetapi, di sisi lain apabila para siswa selalu dibebani dengan tugas akan membuat mereka cepat bosan dalam kegiatan belajar di rumah. Untuk mengatasi kebosanan belajar dari rumah, para siswa bisa mengakses pembelajaran berbasis e-learning dari aplikasi. 

Dewasa ini, aplikasi-aplikasi yang menawarkan pembelajaran dengan sistem e-learning terbilang cukup banyak. Banyak dari mereka mengemas materi pembelajaran dengan video interaktif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. 

Nah bagi kamu yang saat ini sedang mencari aplikasi e-learning, berikut macam-macamnya.

1. Ruangguru

aplikasi e-learning ruangguru
Sumber: pinterest.com

Siapa yang tidak mengenal aplikasi e-learning satu ini? 

Aplikasi e-learning yang menggaet Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador ini memang kerap melakukan promosi di stasiun TV, sehingga tidak heran jika aplikasi Ruangguru paling banyak diketahui oleh masyarakat.

Ruangguru adalah aplikasi belajar yang diperuntukan untuk siswa dari bangku SD hingga SMA. Sama seperti aplikasi pembelajaran yang lain, aplikasi ini juga menawarkan pembelajaran menarik yang dikemas dengan video interaktif. Aplikasi Ruangguru juga dilengkapi dengan soal-soal yang akan menunjang kegiatan belajar beserta dengan penyelesaian soal yang mudah.

Untuk mendukung langkah pemerintah dengan meliburkan para siswa sekolah, Ruangguru memberikan promo kelas gratis. 

Mulai tanggal 16 Maret 2020 Ruangguru menyedikan 15 live teaching dari pukul 08.00-12.00 WIB. Live teaching tersebut akan memuat materi pelajaran dari SD hingga SMA.

2. Zenius

zenius
Sumber: pinterest.com

Tidak kalah dengan Ruangguru, Zenius menyediakan penawaran yang akan mengarahkan siswa selama belajar dari rumah. Dengan arahan Zenius, siswa diharapkan dapat belajar secara mandiri, efektif, dan efisien. 

Zenius pun berkomitmen akan membantu siswa dalam mempersiapkan UN dan UTBK. Untuk mendapatkan layanan e-learning dari Zenius, kamu perlu biaya sebesar Rp80.000,00. 

3. Quipper

quipper
Sumber: pinterest.com

Aplikasi Quipper menyediakan dua fitur utama dalam memberikan pembelajaran berbasis e-learning bagi penggunanya. Dua fitur utama tersebut adalah fitur bimbingan online dan fitur tanya tutor. 

Melalui fitur bimbingan online, kamu dapat mengakses video pembelajaran, membahas materi yang belum kamu kuasai, sampai pada mempersiapkan diri untuk ujian. Bagi kamu kelas 12, kamu juga dapat bertanya mengenai jurusan dan universitas yang sesuai denganmu pada coach pribadi yang disediakan oleh Quipper.

Sementara untuk fitur tanya tutor, kamu bisa bertanya mengenai soal yang kamu belum kuasai dengan melakukan interaksi langsung dengan tutor via chat. Tutor akan menjawab pertanyaanmu langsung dalam hitungan menit. Kamu juga tidak memiliki batasan pertanyaan, sehingga kamu dapat bertanya sepuasmu. 

Di atas adalah tiga aplikasi e-learning yang bisa membantumu saat belajar di rumah agar tidak bosan. Semoga informasi di atas dapat membantu. Tetap sehat dan semangat. 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!