Apa Perbedaan UI dan UX dalam Website?

Marketing

(Source : medium.com)

Ketika Anda ingin mengembangkan sebuah website, Anda perlu mengetahui tentang UI dan UX agar website Anda menjadi menarik. Pertama-tama kepanjangan dari UI adalah User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan pada sebuah website.

Dari kepanjangannya, dapat diketahui bahwa keduanya adalah hal yang berbeda. Sebelum membahas UI dan UX, Anda perlu memahami HCI Concept dahulu. HCI adalah Human Computer Interaction. Saat Anda menggerakkan mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, atau gesture, hal itu yang dinamakan HCI.

(Source : jooinn.com)

Untuk mengetahui UI/UX Anda perlu tahu interaksi 2 hal tersebut (user & device). Anda harus mendesain bagaimana website Anda bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

(Source : pinterest.com)

User Interface (UI)

User Interface Design atau Desain Antarmuka Pengguna adalah desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Untuk mudahnya UI Design adalah bagaimana website yang Anda buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Terdapat banyak tempat yang dapat Anda gunakan untuk mencari inspirasi UI, seperti behance.com, dribbble.com, atau webdesignserved.com.

(Source : pinterest.com)

User Experience (UX)

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Lebih mudahnya, UX Design yaitu proses membuat sebuah website yang Anda buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna. Dasar dari User Experience Design ini dapat Anda pelajari di situs uxapprentice.com atau di uniteux.com.

(Source : uxisnotui.com)

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa UI dan UX adalah hal yang sama, padahal kedua hal tersebut berbeda namun saling terhubung. Dan menurut UI dan UX dalam pembuatan website Anda, bukanlah seberapa keren atau bagus tampilan website Anda, tetapi bagaimana membuat website tersebut terlihat sederhana dan mudah untuk digunakan oleh orang pada umumnya.

Source : kumparan.com

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!