Apa itu Tokopedia Seller? Pengertian Tokopedia Seller dan Istilah Lainnya

Business Hack, Finance, Marketing, Operasional

tokopedia seller
Sumber gambar: Tempo

Tokopedia.

Siapa yang tak mengenal Tokopedia?

Tokopedia menjadi suatu lapak utama dari para Tokopedia seller. Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap seller baik individu, toko kecil, maupun brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009, Tokpedia telah memberdayakan jutaan seller dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian.

Adapun beberapa istilah yang terdapat di Tokopedia yang perlu Anda ketahui sebagai Tokopedia seller. Simak istilah berikut, yuk!

1. Tokopedia seller

Secara umum, Tokopedia seller merupakan pihak-pihak baik individu, toko-toko kecil, maupun brand yang berperan sebagai penjual untuk memperdagangkan produknya melalui platform Tokopedia.

2. Saldo Prioritas

saldo prioritas tokopedia
Sumber gambar: Dailysocial

Saldo Prioritas adalah fitur yang memberikan kemudahan bagi Tokopedia seller untuk dapat langsung menarik hasil penjualan langsung setelah memasukkan resi pengiriman.

Untuk dapat melakukan pencairan, setiap orang memiliki Limit dengan besar yang bervariasi. Limit akan berkurang setiap kali melakukan pencairan dan akan kembali setelah terjadi pengembalian

Untuk mengaktifkan fitur Saldo Prioritas, seller hanya perlu upload KTP dan KTP dengan selfie diri. Pembayaran biaya admin Saldo Prioritas dilakukan dengan pemotongan langsung dari sisa hasil transaksi setelah dikonfirmasi oleh pembeli.

3. Modal Toko

Modal Toko adalah fasilitas pinjaman modal yang diberikan kepada penjual Tokopedia untuk mengembangkan usahanya. Setelah melakukan registrasi dan aktivasi, Penjual dapat langsung melakukan penarikan pinjaman untuk menambah kredit TopAds, atau menambah stok dan varian barang.

Aktifkan fitur Modal Toko melalui Halaman Saldo, Tokopedia Seller Dashboard, Icon Kategori Keuangan, atau melalui Tokopedia Seller App. Lengkapi dokumen dan isi informasi pribadi. Verifikasi diproses kurang lebih 1×24 jam sejak dokumen terkirim.

Setelah aktivasi akun, seller dapat mengakses Dashboard Modal Toko melalui Halaman Saldo, Tokopedia seller Dashboard, Icon Kategori Keuangan, atau melalui Tokopedia Seller App. Tarik dana kapanpun sesuai dengan jumlah Limit Tersedia. Saldo akan bertambah secara instan sesuai jumlah penarikan, cek di Halaman Saldo.

Cek Tagihan dapat dilakukan melalui halaman dashboard Modal Toko. Pembayaran dapat dilakukan dengan klik tombol “Bayar Sekarang” dan pilih tagihan yang akan dibayar. Tagihan dapat dibayar dengan cara manual melalui ATM, Virtual Account, dan lain-lain. Tagihan dapat pula dibayar dengan fitur autodebet yang memotong Saldo Penghasilan langsung pada hari jatuh tempo.

4. Order Prioritas

order prioritas
Sumber gambar: Cloudfront

Dengan mengirim barang ke pembeli dalam jangka waktu kurang dari satu jam, maka Tokopedia seller dapat meningkat reputasi toko hingga 4 kali lipat!

Pengaktifan pelayanan Order Prioritas, dapat diatur di menu “Pengaturan Toko” atau “Manage Shop”. Tokopedia seller wajib menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun pengaktifan Order Prioritas hanya dapat dilakukan melalui PC/desktop.

Barang yang dapat menggunakan Order Prioritas mengikuti ketentuan barang yang bisa dikirim menggunakan layanan instant courier (3 jam). Waktu operasional untuk bisa menggunakan Order Prioritas adalah hari Senin – Jumat, dengan penerimaan waktu pemesanan pertama pada pukul 09.00 WIB dan pemesanan terakhir pada 21.00 WIB.

Tokopedia seller yang berhasil menyelesaikan pesanan sesuai dengan waktu yang ditentukan dapat menaikkan reputasi toko hingga 4 kali lebih cepat.

5. TopAds

TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Tokopedia seller dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Saat ini, TopAds hanya bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Untuk mengaktifkan TopAds, Tokopedia seller harus memilih ikon TopAds pada akun tokonya dan mengisi kredit TopAds. Dengan klik menu “Tambah Kredit”, Anda harus memilih metode pembayaran dan lakukan pembayarannya.

Dengan Iklan Otomatis, Anda dapat membuat, mengelola, dan mengoptimalkan iklan hanya dengan 1 kali klik. Sementara dengan Iklan Produk, Anda dapat mengatur semua iklan secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. TopBot

topbot tokopedia
Sumber gambar: Cloudfront

TopBot adalah fitur untuk membantu seller membalas pesan secara cepat, mudah dan efisien. Dengan menggunakan TopBot, Tokopedia seller dapat melakukan pengaturan balasan otomatis untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

Saat ini, fitur Topbot hanya tersedia bagi beberapa penjual terpilih. Fitur ini dapat dinyalakan pada kolom diskusi produk. 

7. Power Merchant

Power Merchant adalah keanggotaan Tokopedia seller yang menawarkan berbagai fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Terdapat dua cara yang dapat seller lakukan untuk menjadi Power Merchant yaitu dengan verifikasi data diri dengan upload KTP dan mencapai skor performa toko lebih dari 75 poin. Apabila kedua hal tersebut telah dipenuhi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan aktivasi.

Pemotongan biaya layanan 1% akan dilakukan setelah status transaksi berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’. Namun, sistem akan menggunakan tarikan data sejak transaksi terverifikasi.

8. Voucher Toko

voucher toko
Sumber gambar: Daily Social

Semua seller atau merchant dapat membuat promo. Namun hal tersebut tidka berlaku untuk dropshipper.

Promo diberlakukan secara otomatis untuk semau produk yang dijual di suatu toko.

Selama periode promo masih berlangsung, kuota juga dapat ditambah sesuai kebutuhan. Keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan menggunakan voucher toko adalah Anda dapat memilih dan memasang promo sesuai dengan target pembeli. Selain itu, Anda juga dapat mengatur jumlah budget dan waktu promosi sendiri.

Voucher Toko tersedia dalam dua tipe yakni cashback dan gratis ongkir. Cashback cocok untuk Tokopedia seller yang ingin mendaptkan pelanggan lebih banyak, namun ingin tetap mempertahankan brand image toko dan harga produk. Sementara itu, voucher gratis ongkir cocok untuk Tokopedia seller yang ingin menjangkau pembeli dari berbagai kota di Indonesia.

Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring. Hal tersebut terlihat dari berbagai berbagai program baik yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia dan bekerja saama dengan pemerintah, salah satunya adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018.

Menurut data yang dirilis oleh iPrice, Tokopedia telah menjadi e-commerce dengan monthly active user (MAU) tertinggi di Indonesia. Situs mereka dikunjungi sekitar 137 juta pengguna setiap bulannya, baik sebagai Tokopedia seller maupun pembeli.

Tak mengherankan jika Tokopedia menjadi pilihan e-commerce bagi banyak orang, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!