Apa Itu Entrepreneur? Apakah Entrepreneur Berbeda dengan Pengusaha?

Business Idea

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: macworldUK

Kamu tentu sudah sering mendengar apa itu entrepreneur dalam kehidupan keseharian kamu. Entah itu dalam percakapan grup teman, membaca di sosial media, mendengar podcast atau siaran di radio, atau membaca headline sebuah berita “Entrepreneur adalah cara untuk sukses yang mudah”.

Namun apakah kamu benar-benar mengerti dan memahami tentang apa itu entrepreneur ? Apakah entrepreneur berbeda dengan pengusaha? 

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: forefront

Di mata masyarakat, banyak terjadi salah kaprah dalam memahami entrepreneur itu sendiri. Jika ditanya apa itu entrepreneur, jawabnya ya pengusaha. Entrepreneur dianggap menjadi jalan ninja untuk menjadi kaya raya. Jadi sebenarnya, apa itu entrepreneur?

Entrepreneur merupakan bahasa inggris yang penggunaannya sudah banyak diserap oleh orang-orang di Indonesia dalam kehidupan kesehariannya. Entrepreneur merupakan wirausahawan yang melakukan aktivitas wirausaha yang pandai mengenali, menciptakan, suatu produk baru dengan mengutamakan value mereka.

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: Healthline

Entrepreneur adalah mereka yang terus menghasilkan inovasi dan nilai tambah dari yang sebelumnya tidak ada (value added) menjadi suatu yang ada dan lebih bermakna. Entrepreneur berusaha untuk terus menjadi leader dan pioneer terdepan dalam menghasilkan inovasi – inovasi terbaru.

Dan tahukah kamu bahwa entrepreneur dan pengusaha berbeda? Apa itu entrepenur? Dan apa perbedaannya?

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: the frisky

Bapak Dwi Larso, Ph.d, seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung  telah menjelaskan mengenai apa itu entrepeneur dan perbedaannya dengan pengusaha. Beliau menegaskan bahwa entrepreneur dan pengusaha tentu berbeda.

“Loh tapi di mana bedanya?”

Perlu diingat bahwa tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur, tetapi seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, 

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: Fish4Jobs

Entrepreneur dapat membaca dan memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya, di mana jika kita memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang kita jalani akan dapat terus tumbuh dan bertahan. Memang, meski terlihat sepintas sama, tetapi entrepreneur dan pengusaha adalah dua hal yang berbeda. Lalu apa itu entrepreneur? Apa perbedaan entrepreneur dan pengusaha? 

Simak perbedaannya di bawah berikut ini untuk menjawab apa itu entrepreneur dan perbedaannya dengan pengusaha!

1. Tujuan 

Apa Itu Entrepreneur
Sumber gambar: compassion explorer

Seorang pengusaha biasanya akan menjalankan bisnis untuk mendapatkan profit atau keuntungan, keuangan yang lebih stabil, menjadi sukses, serta menjadi kaya raya. Sedangkan entrepreneur, entrepreneur lebih peduli pada perubahan di sekitar, mengutamakan dan memperhatikan passion mereka saat berusaha. 

Entrepreneur tidak asal-asalan dalam mengambil suatu usaha. Usaha yang tidak sesuai value atau keyakinan yang dianut oleh entrepreneur, tidak akan mereka jalankan. Mereka juga memperhatikan cost tidak melulu benefit saja dalam mencapai tujuan akhirnya. 

Entrepreneur kurang tertarik pada keuntungan yang hanya dinilai dari segi finansial saja, akan tetapi mereka juga fokus dalam mengembangkan produk atau jasa yang akan mereka tawarkan dengan tetap memperhatikan apakah costumer mereka nantinya akan suka, apakah bisnis ini dapat berjalan dengan tanpa melakukan tindakan yang unethical atau tidak etis.

tujuan entrepreneur
Sumber gambar: washington state pta

Oleh karena itu dewasa ini khususnya dalam sekolah bisnis, pelajaran atau mata kuliah etika bisnis ditawarkan dan wajib diambil oleh siswanya, karena bisnis tidak melulu tentang profit.

if you want to exist as entrepreneur in this society, do not only make profit and money, but you have to make positive impact on your society” –Alfi Sahlia

2. Risiko

Dalam melihat, mengelola, mencari jalan keluar dari berbagai risiko yang ada,  antara entrepreneur dan pengusaha berbeda dalam penanganannya. Bagaimana pengusaha dan entrepreneur melihat dan mengelola risiko? 

Pengusaha seperti biasa, akan selalu melakukan perhitungan dalam menjalankan bisnis secara matang dan memperhitungkan profit atau keuntungan serinci mungkin. Karena mereka akan mengambil risiko yang telah dihitung dan dikelola. 

Tentu sebagai pengusaha mereka tidak menginginkan dana atau uangnya hilang sedikitpun. Namun berbeda dengan seorang entrepreneur, mereka dapat mengambil risiko yang tidak masuk akal sekalipun. Hal ini dilakukan dalam usahanya mengejar passion mereka. 

risiko untuk entrepreneur
Sumber gambar: PCMag australia

Entrepreneur tidak peduli terhadap waktu dan uang yang mereka habiskan. Mereka melakukannya dengan percaya diri dan penuh semangat. Mereka berani mengambil risiko (risk taker) yang masih sesuai dalam bataskemampuan, semata-mata untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, high risk high return.

3. Melihat Kesempatan

Dalam melihat kesempatan rupanya entrepreneur dan pengusaha juga memiliki perbedaan. 

entrepreneur melihat kesempatan
Sumber gambar: The ladders

Pengusaha umumnya mudah untuk puas berada di zona nyaman dan berjuang untuk mempertahankan apa yang mereka miliki. Mereka enggan untuk lepas cenderung tidak  mencari kesempatan baru. Sebaliknya entrepreneur sejati tak pernah puas, haus akan peluang-peluang baru, dan berani untuk terus mengeksplorasi bisnis atau usaha mereka. 

tim
Sumber gambar: robert half

Lalu mengapa mereka entrepreneur berani melakukan ini? 

Hal ini karena mereka bekerja sesuai passion, sesuai kata hati, tidak diperintahkan oleh orang lain. Sehingga mereka tidak mudah menyerah dengan apa yang mereka lakukan. Apapun yang diakukan oleh entrepreneur, itu adalah hal yang benar-benar mereka cintai.

4. Sikap dalam Bekerja

Seperti dalam melihat kesempatan, pengusaha biasanya cenderung akan merasa nyaman dengan apa yang rutin mereka lakukan dan kerjakan. Mereka ingin melakukan sesuatu dengan nyaman tanpa kerugian dan tidak suka perubahan. Hanya mementingkan bisnisnya berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan dan rintangan.

sikap dalam bekerja entrepreneur
Sumber gambar: TechsBooks

Sebaliknya, entrepreneur akan terus berusaha untuk beradaptasi dan menyesuaikan setiap kondisi. Mencoba untuk mengikuti perkembangan zaman dan mengubah pola pikir untuk membuat budaya kerja yang tetap relevan dalam keadaan apapun.

5. Inisiatif

Dari segi inisiatif, umunya seorang pengusaha lebih akan mudah melihat peluang dan ide dari apa yang mudah dilihat misal sedan sedang tren, hits, bahkan viral di sekitar yang terlihat memiliki keuntungan yang besar pada saat itu juga.

sikap entrepreneur
Sumber gambar: wrike

Tetapi entrepreneur? Seorang entrepreneur merupakan kreator. Mereka seorang pencipta tren itu sendiri. Mereka menghasilkan bisnis pertama kalinya. Mereka rela menghabiskan waktu, energi, dan uang untuk membuat ide bisnisnya sendiri.

6. Kaca Mata Keberhasilan

Sehingga jelas, entrepreneur dan pengusaha itu berbeda. Pengusaha mengutamakan profit, entrepreneur mengutamakan value. Keberhasilan bisnis bagi pengusaha meliputi tentu saja dirinya sendiri, rekan kepentingan bisnis, karyawan, pelanggan, investor, dan juga komunitas.

kaca mata keberhasilan
Sumber gambar: Simplilearn

Namun entrepenur lebih dari itu, entrepreneur melihat kesuksesan dari perspektif yang lebih luas. Mereka mengutamakan dan memperhatikan kode etik, value, kontribusi yang dihasilkan, bahkan mereka juga memperhatikan lingkungan alam di mana mereka bekerja. Hal ini lah yang mendefinisikan kesuksesan dari kaca mata entrepreneur. 

Apa Itu Entrepreneur
Sumber: Great People Inside

Entrepreneur tentu mampu menjadi jalan untuk menghasilkan impact yang positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar bukan sebatas untuk menjadi ajang jalan ninja dalam mencapai kesuksesan. Menjadi entrepreneur membuat diri kita memiliki value dan impact bagi peradaban. 

Lalu sekarang coba tanyakan pada diri kamu. Apakah sudah jelas apa itu entrepreneur? Kamu sendiri termasuk pengusaha atau entrepreneur?

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!