Apa Itu Dropshipper di Shopee? Bagaimana Triknya Agar Untung?

Business Hack

Apa Itu Dropshipper di Shopee
Sumber gambar: shopee

Siapa yang tak kenal Shopee?

Shopee diluncurkan pertama kali di Singapura yang memiliki terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang apik yang bertujuan untuk membuat belanja online terasa lebih mudah dan nyaman bagi penjual dan pembeli.

Shopee akhirnya semakin melebarkan sayap dengan melakukan ekspansi ke negara ASEAN lain dan akhirnya membuka Shopee di Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Brazil.

Marketplace online ini memiliki beragam macam iklan yang menarik. Shopee hadir dengan menghadirkan artis papan atas, muda, populer, yang tengah naik daun. Sebut saja Via Valen, Prilly Latuconsina, Maxime Boutier, hingga BlackPink Girlband asal Korea Selatan yang popularitasnya nomor 1 di Korea Selatan.

Meskipun Shopee masih tergolong baru dibanding marketplace online lain,  namun Shopee sudah berhasil mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia karena promonya yang menggiurkan dan kemudahan dalam transaksinya.

Selain itu, Shopee banyak memberi kemudahan kepada para penggunanya. Terutama masyarakat yang ingin jualan online tapi bingung karena tidak punya produk.

Apakah kamu salah satu orang yang ingin berjualan online namun tidak memiliki produk?

Apakah kamu pernah mendengar tentang dropshipper? Apa itu dropshipper di shopee?

Apa Itu Dropshipper di Shopee
Sumber gambar: shopee

Ya, tidak usah khawatir. Dengan adanya teknologi yang terus berinovasi, kini ada bisnis dropshipper yang memudahkan kamu untuk melakukan itu semua, begitupun dengan jualan melalui Shopee. 

Kamu tidak perlu lagi berjualan hingga menyebabkan stok barang banyak sampai penuh. Jika tidak laku barang – barang pun akan mubazir terabaikan dan kamu bisa loss alias rugi.

Dengan promo yang diberikan, marketplace ini juga memberikan banyak peluang bagi kamu yang ingin memperoleh pemasukan tapi tidak punya produk untuk dijual, salah satunya dengan cara daftar dropship di Shopee.

Apa itu dropshipper di shopee?

Menjadi dropshipper di Shopee merupakan pekerjaan yang mudah dan menjanjikan. Kamu pasti bisa melakukannya tanpa harus bingung harus memulai darimana. Di Shopee menjual barang apa saja bisa. Jadi kamu tak perlu menyetok barang. Cukup pilih barang penyedia dropship kemudian pasarkan barang itu secara online.

Apa Itu Dropshipper di Shopee
Sumber gambar: shopee

Jika ada yang berminat membelinya, kamu tinggal pesan dari penyedia dropship. Dan penyedia dropship akan langsung mengirimkan barangnya ke pembeli. 

Artinya kamu tidak perlu memiliki stok terlebih dahulu. Cukup menjadi agen atau makelar. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis online, sistem ini sangat cocok untuk dilakukan.

Bagaiamana tertarik untuk menjadi dropshipper di shopee?

Apa itu dropshipper di Shopee dan bagaimana caranya?

Jika kamu belum memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha, maka artikel tentang “ Apa itu dropshipper di shopee? Bagaimana triknya agar untung? “  sangat pas untuk kamu simak. 

Jangan ragu apalagi takut. Dijamin aman. Sudah banyak yang membuktikan bahwa melakukan usaha dropship di Shopee pun bisa memberi penghasilan yang lumayan.

Inilah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan untuk melakukan sistem dropship di Shopee. Simak ulasan berikut ya,  dijamin anti ribet!

Apa Itu Dropshipper di Shopee
Sumber gambar: shopee

1. Jenis Produk yang Hendak Dijual

Sebelum melakukan sistem dropship di Shopee, kamu harus pastikan dan kamu harus memilih jenis produk yang mau dijual terlebih dahulu. Ada banyak jenis produk di Shopee, sebagai contoh yang paling laris adalah produk fashion, skincare, atau make up. 

2. Mencari Supplier

Apabila jenis produk yang mau kamu jual sudah dipilih, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih supplier produk yang sesuai. Tenang, ada banyak supplier yang menerima sistem dropship.

3. Siapkan Sedikit Modal yang Cukup

Sistem dropship sebenarnya tidak mengharuskan kamu untuk memiliki modal. Namun tidak ada salahnya bukan untuk menyiapkan modal meskipun tidak banyak. 

Apa alasannya? 

Alasannya karena berjualan dengan sistem dropship di Shopee mengharuskan kamu untuk membayarkan produk terlebih dahulu kepada supplier sebelum akhirnya dibayarkan oleh konsumen yang hendak membeli. 

Lalu berapa besar modal yang dibutuhkan? 

Kurang lebih di kisaran sekitar Rp 500.000 adalah angka yang aman untuk memulai usaha ini.

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Lalu bagaimana cara dropship dari shopee ke shopee?

Hal ini lebih tidak sulit lagi. Sebelumnya pastikan dulu kamu sudah memiliki:

• Akun Shopee

Buatlah nama took yang mudah diingat, unik, singkat, jelas. Jika bisa berhubungan dengan produk yang mau dijual, kamu bisa download aplikasi Shopee di android atau ios kamu atau langsung membuat akun dari website resmi shopee.

• Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Fitur ini bisa dibilang sangat baik bagi kamu yang ingin fokus melakukan dagang sistem dropship ini. Konsumen akan mudah tergiur dan tertarik bila sistem ini diberlakukan. Selain itu, pembayaran produk bisa lebih hemat karena tidak perlu merasa terbebani akan ongkir yang terkadang tidak murah. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan kamu mengirimkan foto kamu beserta KTP secara jelas ya.

gratis ongkir shopee
Sumber gambar: shopee



• Data Bank

Masukkan data rekening dengan lengkap agar proses pencarian dana berhasil dengan baik. Tentunya hal ini juga bisa memudahkan proses penjualan kamu di Shopee nantinya.

• Isi Alamat Sesuai Alamat Supplier

Ketika kamu ingin berjualan dengan sistem dropship, maka kamu juga harus mengisikan alamat dengan 

shopee
Sumber gambar: prototypr

alamat supplier produk yang kamu akan jual. Proses ini wajib hukumnya untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi bila kamu mencoba untuk menuliskan alamat sesuai alamat kamu.

Loh  kenapa? 

Hal ini berkaitan langsung dengan ongkos kirim. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan alamat supplier sebagai alamat kamu ya.

• Unggah Foto

ini adalah step terakhir yang sangat teramat penting. Kamu harus mengunggah foto jelas beserta deskripsi produk yang kamu akan jual. Foto dan deskripsi ini sebenarnya bisa kamu dapatkan dari supplier produk secara langsung.

cara memasang resi shopee
Sumber gambar: pojok sosmed

Selanjutnya ada  informasi tambahan nih jika kamu ingin dropship dari shopee ke shopee,

• Masalah resi otomatis

Dalam fitur gratis ongkir shopee, kamu akan menemukan yang namanya resi otomatis. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pelapak. Tapi akan sedikit memusingkan untuk dropshipper.

Sehingga satu – satunya cara yang dapat kamu lakukan yakni kamu bekerjasama dengan pelapak di shopee. Hubungi supplier pilihan kamu selanjutnya katakan ke supplier kamu:

Maaf min, saya ingin taruh produk di shopee dengan fitur gratis ongkir. Nanti kalua ada orderan ke saya, saya akan kasih nomor resi saya ke kakak ya, terimakasih”.

.

• Resi tidak bisa diinput dua kali

Sistem pada marketplace saat ini memang tidak bisa untuk menginput resi dua kali di situs yang sama.

Jadi jika kamu mau dropship dari tempat lain seperti tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya bisa saja kalian langsung order dengan fitur dropshipper dan menginput langsung resi yang diberikan oleh pelapak di marketplace lain.

Nah, jalan keluar dari masalah ini sama seperti poin pertama tadi ya, yaitu dengan menghubungi supplier untuk bekerjasama.

Apa Itu Dropshipper di Shopee
Sumber gambar: shopee

Jika sudah mengerti tentang apa itu dropshipper di shopee, apakah kamu ingin mengetahui trik agar bisnis kamu makin menguntungkan?

Ketika kamu sudah memahami apa itu dropshipper di shopee dan cara kerjanya, ini saatnya kamu juga perlu mengetahui tentang kiat – kiat agar apa yang sudah kamu usahakan akan menguntungkan dengan cepat.

Berikut berbagai trik jitu yang dapat kamu perhatikan dan terapkan setelah memahami apa itu dropshipper di shopee:

1. Cari suplier dengan satu tema produk

2. Lakukan survei pasar, kamu bisa mencari tahu apa yang sedang tren, kira – kira siapa target pasar kamu, dan lain sebagainya.

3. Jual produk – produk original atau asli, jangan yang KW. Agar konsumen kamu memiliki trust kepada kamu.

4. Pilih vendor yang terpercaya, sehingga tidak ada salahnya kamu memastikan dan melakukan pengecekan berulang – ulang.

5. Manfaatkan fitur promosi, seperti gratis ongkir yang sudah kita bahas di atas.

6. Jual produk best seller atau banyak diminati

7. Promosikan toko online kamu di media sosial kamu, agar teman – teman kamu mengetahui jika kamu punya toko di shopee.

Bagaimana, mudah bukan? Pertanyaan Apa itu dropshipper Shopee  dan trik jitunya juga sudah terjawab ya! Selamat mencoba!

Silakan klik di sini untuk mengetahui Kemampuan Dasar Cara Jadi Dropship, Harus Diketahui!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!