7 Usaha Paling Sukses di Desa yang Kecil-Kecil Tapi Cabe Rawit ! 

Business Idea

Usaha Paling Sukses di Desa
Sumber Gambar : investasi.online

Apakah Anda sedang mencari usaha paling sukses di desa? Walaupun desa identik dengan tempat terpencil, kurang bisa dijangkau, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebetulnya, di tiap desa memilki potensi bisnis yang berbeda- beda berdasarkan kondisi sosial masyarakatnya dan kondisi geografis di suatu desa. Oleh sebab itu, tidak semua bisnis bisa dijalankan di desa. Membuka bisnis di desa tentu berbeda dengan membuka bisnis di kota, hal ini disebabkan perbedaan kebutuhan konsumen dan perilaku konsumen. 

Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan banyak peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Dalam menjalankan bisnis yang terpenting adalah bagaimana Anda memanfaatkan peluang yang ada. Jika Anda berjiwa bisnis dan kreatif memanfaatkan peluang tersebut, kesuksesan akan mudah Anda raih.

 Contohnya adalah saat ini tumbuh usaha di desa yang keliahatan nya kecil tapi terus mendapat pesanan baik dari desa maupun kota. Usaha-usaha tersebut pantas kita sebut dengan istilah kecil-kecil cabe rawit. Kenapa begitu? Kita tahu bahwa istilah kecil-kecil cabe rawit sering digunakan bagi orang yang dianggap “kecil” tetapi punya sifat pemberani. Dalam konteks usaha, usaha ini punya skala kegiatan bisnis yang tidak besar, tapi mampu melakukan kegiatan produksi secara maksimal. Bisnis yang sedang dalam tahap ini, perlu terus dijaga kestabilan produksi dan kestabilan penjualannya.

Sebagai pebisnis yang akan membuka usaha bisnis di desa, ada baiknya mengetahui beberapa ide-ide bisnis yang menarik. Berbicara tentang ide bisnis memang tiada habisnya, mereka yang kreatif dan inovatif bisa menciptakan ide-usaha paling sukses di desa. Nah, lalu apa saja ide-ide usaha bisnis menarik tersebut? Mari simak ulasan 7 usaha paling sukses di desa berikut ini: 

menjual produk ukm
Sumber Gambar : interactive.co.id

1. Menjual Produk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Secara Online

Adanya usaha kecil dan menengah merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia. Produk UKM membantu Indonesia dalam bersaing di pasar bebas. Pelaku bisnis kini telah berkembang dari tahun ke tahun dan metode yang dituntut untuk persaingan adalah bagaimana pelaku bisnis dapat kreatif dalam menyikapi perkembangan. Kreatif dalam memasarkan dan menjual produk. Salah satu strategi yang digunakan pelaku bisnis yaitu dengan pemasaran online untuk membuat produk mereka dilirik oleh para konsumen. Kunci utama dalam pemasaran online adalah deskripsi produk yang dijual jelas dan foto produk yang layak

Di desa pengrajin yang kebanyakan orang tua, tidak mengerti pemasaran online. Nah, di sini para pemuda mengambil peran dalam pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang lebih menguasai mereka kuasai. Alasan utama berjualan secara online adalah barang menjadi lebih dikenal luas, pemasukan yang lebih tinggi dan dapat menekan biaya overhead.

Produk yang dapat dipasarkan yaitu makanan ringan  atau kerajinan tangan seperti batik tulis, tas, sepatu, rajutan dan lainnya. Potensi semakin besar ditambah dengan kemasan menarik, pemasaran online sehingga dijangkau orang-orang tanpa batas

2. Pemberdayaan Desa Wisata

Bisnis wisata saat ini sangat menguntungkan, Anda bisa menjadikan peluang ini sebagai salah satu bisnis di desa. Terdapat banyak pemandangan di indonesia yang masih belum diketahui dan masih membutuhkan perawatan serta pengembangan. Anda bisa menawarkan panorama sawah, air terjun, hutan lindung dan lainnya. Tidak ada habisnya jika disebutkan satu per satu dengan melimpahnya kekayaan alam yang kita miliki, silahkan Anda mencari potensi alam yang ada disekitar Anda. 

Sumber pemasukan dapat diperoleh dari pengunjung yang datang dengan menjual souvenir atau penyewaan yang membantu lainnya. Dengan memanfaat kan potensi alam di desa Anda juga dapat membangun bisnis dengan memanfaatkan lahan yang tadinya kurang produktif menjadi lebih produktif dan memberdayakan SDM masyarakat sekitar.

3. Melatih Anak Muda dan Mengelola Keterampilannya

Generasi muda di pedesaan sebagian memang belum diberdayakan secara maksimal, disini Anda dapat melatih mereka beberapa keterampilan. Misalnya mengajarkan mereka berjualan online, membuat kerajinan tangan atau membuat makanan ringan dan lain sebagainya. Selain itu, bila desa sudah memiliki objek wisata, anda dapat mengajak para pemuda untuk diberi ketrampilan pada pekerjaan yang dapat mendukung objek wisata. Profesi ini seperti pemandu wisata, fotografer, Event Organizer, dan lain-lain

Dengan begitu, Anda juga berperan dalam meningkatkan keterampilan para pemuda di desa. Sehingga para pemuda di desa juga dapat ikut serta meningkatkan potensi ekonomi di desa. 

usaha ternak hewan
Sumber Gambar:vovworld.vn

4. Usaha Ternak Hewan

Lingkungan pedesaan memiliki udara yang sejuk, dingin dan masih asri. Kondisi ini sangat cocok untuk mengembangkan usaha bisnis ternak. Usaha ternak hewan di pedesaan memang cocok karena lingkungannya yang masih alami dan adanya ketersediaan makanan ternak. Kualitas daging ternak yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

Untuk memulai usaha ternak, Anda bisa memulainya secara skala kecil dengan hewan ternak yang dipelihara di lingkungan rumah. Atau bisa memulai peternakan secara skala besar dengan membuat kandang yang memuat jumlah besar untuk peternakan ayam, pembesaran kambing atau sapi.

usaha perikanan
Sumber Gambar : kabarito.com

5. Usaha Perikanan

Selain itu, usaha bisnis perikanan juga cocok di pedesaan yang memiliki pengairan yang masih terjaga. Anda bisa memulai usaha ini dengan memelihara ikan di kolam-kolam yang dialiri dari sungai.Usaha bisnis perikanan di desa lebih menguntungkan karena lahan yang masih luas dan dekat pegunungan yang airnya selalu mengalir. Anda bisa memelihara ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi seperti ikan gurame atau nila. 

Bisa juga Anda membuka pemancingan ikan. Sekarang ini banyak orang yang hobi memancing, yang menghabiskan waktu luangnya untuk ke pemancingan, seperti di waktu weekend, bahkan mereka mengajak keluarga karena kini banyak tempat pemancingan yang padukan tempat makan dan rekreasi keluarga. Menyenangkan bukan? Ikan hasil memancing bisa langsung dimasak dan disantap bersama. 

Usaha kolam pemancingan bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Agar kolam pancing Anda ramai pengunjung, bisa juga adakan perlombaan memancing dengan hadiah menarik.

6. Usaha Makanan 

Produksi makanan kecil bisa menjadi usaha yang menarik di desa.Peluang usaha makanan di desa bisa menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan jika dikelola dengan baik. Usaha ini bisa dipasarkan baik ke kantin sekolah terdekat atau dipasarkan ketika ada acara atau hajatan di desa seperti pernikahan, tahlilan, pengajian, dan lain-lain. 

 Usaha makanan kecil bisa dilakukan untuk skala kecil hingga yang lebih besar. Hal ini tergantung pada kemampuan produksi makanan kecil yang dibuat. Akan tetapi usaha dengan skala kecil bisa melakukan produksi yang besar karena ada dua keunggulan yang didapatkan jika membangun usaha makanan di desa. Pertama, bahan untuk membuat makanan kecil lebih murah di desa karena bahannya dari sumber daya alam desa itu sendiri. Kedua, biaya produksi di desa juga lebih murah karena menggunakan tenaga ibu-ibu desa disela waktu mereka. 

Namun sebelum memilih jenis makanan yang akan Anda produksi, pastikan dulu makanan yang akan Anda produksi disukai warga sekitar. Contoh produk makanan yang bisa dikembangkan seperti aneka jajanan berbasis ketela, ceriping pisang, jamur krispi, keripik bayam dan lain sebagainya. 

7. Kebun Buah dan Sayur

Usaha bisnis menarik yang patut untuk dicoba lainnya adalah kebun buah dan sayur. Anda bisa bekerja sama dengan petani buah dan sayur untuk membuat obyek wisata agro wisata. Objek wisata ini menawarkan edukasi pertanian yang baik, panen buah dan sayur, dan produk olahan buah dan sayur. Bagi masyarakat perkotaan kegiatan memanen buah dan sayur di kebun adalah suatu kesempatan langka yang menyenangkan. 

Contoh usaha kebun buah dan sayur seperti kebun apel, kebun durian, kebun mangga, kebun sayuran organik, dan lain-lain. Keunggulan dari usaha kebun buah dan sayur adalah buah dan sayur beserta produk olahannya menjadi memiliki nilai tambah lebih tinggi dibanding sekedar menjual nya di pasar sehingga dapat menambah keuntungan bagi usaha pertanian

Itulah 7 usaha paling sukses di desa yang bisa Anda coba. Tapi ingat dalam berbisnis Anda juga harus dibutuhkan keuletan dan ketelatenan dalam menjalankan usaha. Ayo mulailah membangun potensi ekonomi di desa dengan ide-ide usaha bisnis yang menarik. Semoga bermanfaat! Selamat mencoba.

Bagi Anda yang hendak membuka usaha di Desa Wisata, klik di sini untuk membaca artikel mengenai “Usaha Paling Sukses di Desa Wisata yang Berkembang Pesat”

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!