7 Top Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Business Idea

bisnis untuk mahasiswa pemula
Sumber Gambar: Via Pais

Saat ini jumlah mahasiswa semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Bila Anda adalah seorang mahasiswa, mungkin Anda menemui realita sebagai berikut. Sebagian besar mahasiswa memiliki dana terbatas untuk mencukupi kebutuhannya dan sebagian besar bergantung pada orang tua mereka untuk biaya hidup sehari-hari. Namun, ini tidak berarti Anda harus berhemat secara tidak wajar saat berada di Universitas demi menekan biaya hidup Anda.

Di samping kuliah, Anda juga bisa mencoba berbisnis, lho. Ada banyak bisnis dan startup yang dapat Anda mulai di universitas dan memungkinkan Anda untuk memperoleh penghasilan yang menakjubkan saat Anda sedang berkuliah. Silahkan cek daftar di bawah ini untuk mendapatkan beberapa inspirasi dan ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang dapat segera Anda mulai menggunakan untuk menghasilkan uang.

1. Asisten virtual

Asisten virtual adalah salah satu ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang paling cepat berkembang di dunia. Apakah Anda menganggap bisnis ini sebagai seorang pekerja lepas, pekerja rumahan atau telecommuter. Seorang asisten virtual adalah orang-orang yang bekerja secara online dari lokasi tertentu dan dikontrak untuk memberikan layanan khusus oleh klien. Layanan yang dimaksud pun dapat bermacam-macam, seperti konsultasi, tutorial, penulis, dan lain sebagainya.

Dari beberapa ratus ribu asisten virtual di tahun 1990-an, saat ini ada jutaan asisten virtual di seluruh dunia. Asisten virtual adalah pengusaha yang bergerak dalam bisnis penjualan layanan bantuan virtual. Karena itu, asisten virtual bertanggung jawab atas semua anggaran internal yang mereka keluarkan. Klien hanya membayar mereka biaya manajemen yang telah dipatok. Dengan demikian, asisten Virtual adalah salah satu opsi bisnis dengan pengeluaran rendah.

Anda dapat menjadi seorang asisten virtual sesuai dengan kemampuan Anda dan menyesuaikan waktu kosong Anda. Akhirnya, asisten virtual memberikan solusi bisnis yang fleksibel karena ia dapat bekerja selama jam yang berbeda dalam sehari. Pihak yang menyewa Anda dapat mengatur operasinya selama 24/7 dengan Anda serta menugaskan Anda sesuai kontrak. Anda kemudian mendapatkan bayaran yang sesuai. Bukankah itu simbiosis mutualisme?

usaha catering
Sumber gambar: Brit + Co

2. Usaha Catering

Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan jasa catering untuk menyediakan makanan pada acara mereka. Sebagai contoh adalah acara seminar di kampus. Tentu saja acara tersebut membutuhkan layanan makanan catering untuk tamu-tamu dan pembicara mereeka, bahkan untuk panitia penyelenggara. Dan Anda bisa membayangkan untuk sekali pesan bisa sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan porsi untuk acara yang besar. Tidakkah itu menarik?

Jika Anda adalah seorang mahasiswa santai yang memiliki hobi tentang kuliner dan memiliki keahlian memasak, bisnis catering dapat menjadi salah satu kunci untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan Anda. Anda bisa mencoba memulai bisnis ini dengan jurusan atau teman dekat Anda. Seiring bertambahnya pelanggan Anda, catering Anda juga semakin dikenal dan dipercaya. Oleh karena itu, catering dapat menjadi ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang cemerlang.

3. Fotografi dan videografi

Ide bisnis mahasiswa untuk pemula berikutnya berkaitan dengan fotografi dan videografi. Jika Anda memiliki kamera dan skill di bidang fotografi yang baik, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini. Anda dapat bermitra dengan pemilik venue secara langsung atau terhubung ke perusahaan promosi yang ada dan menjadi  fotografer resmi untuk venue atau acara tertentu. 

Sementara itu, videografi merupakan cabang bisnis dari fotografi. Anda dapat membuat video promosi untuk acara-acara tertentu, atau bermitra dengan lembaga pariwisata lokal untuk mempromosikan destinasi wisata lokal, sehingga semakin dikenal dan Anda pun mendapat bayaran. Langkah terakhir dan yang sangat penting adalah pastikan perusahaan fotografi / videografi milik Anda sendiri memiliki hak eksklusif di setiap tempat atau acara, sehingga Anda menjadi satu-satunya tanpa lawan.

Makeup Artist
Image by Daniel Reche from Pixabay 

4. MUA (Make Up Artist)

Saat ini, profesi MUA sedang banyak dicari dan digemari oleh masyarakat. Hal itu disebabkan semakin hari, dalam kehidupan sehari-hari, tuntutan akan penampilan semakin tinggi. MUA tidak hanya dibutuhkan saat acara besar seperti riasan pengantin, bahkan untuk datang ke pesta pernikahan, orang bisa saja menyewa MUA supaya tidak kalah bersinar dari sang pengantin itu sendiri. Jika saat ini Anda adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan ini, maka bersyukurlah! Banyak orang menanti riasan cantik dari Anda.

Namun, jika Anda tertarik menjadi penata rias profesional, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit Jadi jika Anda berminat pada rias wajah, berinvestasilah dengan membeli beberapa produk berkualitas. Anda juga bisa mencoba merias wajah Anda sendiri dan mempromosikannya lewat media sosial Anda. MUA dapat menjadi ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang cukup menjanjikan. Selamat mencoba!

desain grafis
Sumber gambar: Multi Miracle Indonesia

5.Desain Grafis

Hampir setiap ide bisnis yang tercantum di sini membutuhkan beberapa bentuk desain. Jika Anda mempelajari desain atau tertarik dan bahkan memiliki kemampuan di bidang ini, ada pasar yang pasti menunggu Anda di mana-mana, seperti desain selebaran, situs web, spanduk (pikirkan berapa banyak spanduk popup yang ada di awal tahun ajaran). Selain itu, di beberapa aplikasi dan website yang terkenal, user interface yang mereka sajikan sangatlah bagus, sehingga selalu menarik perhatian klien untuk terus menatap layer mereka. Itu semua tdak lepas dari peran para graphic designer

Bila Anda memiliki bakat atau skill di bidang ini, Anda dapat mencoba debut Anda dengan membuat beberapa kartu nama pribadi yang apik dan mulailah membagikannya kepada semua orang yang mungkin tertarik. Ingat, walau Anda membuat kartu nama pribadi, pastikan Anda mendesain dengan semenarik mungkin. Niscaya ketika pertama kali orang lain melihat, mereka langsung terperanjat dan menyimpan kartu nama milik Anda. Desain grafis dapat menjadi salah satu ide bisnis untuk mahasiswa pemula tanpa modal namun menghasilkan banyak uang.

6. Mobile business

Mobile business atau bisnis bergerak, merupakan suatu bisnis yang mendatangi pelanggan. Artinya, bila pelanggan menyewa jasa Anda, Anda yang harus bergerak untuk menjemput pelanggan tersebut. Pengoperasian yang lebih sederhana dan biaya operasional yang rendah menjadikan bisnis bergerak sebagai solusi ideal untuk membangun jaringan mitra dan pelanggan, terutama bagi pengusaha baru. 

Salah satu ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang cukup fleksibel adalah bisnis bergerak. Bisnis bergerak mencakup usaha-usaha seperti spa dan salon bergerak, catering, dan perawatan hewan peliharaan di rumah-rumah. Saya kenal beberapa pengusaha yang meninggalkan dunia bisnis tradisional untuk memulai truk makanan bergerak sendiri. 

Jika bisnis bergerak Anda telah mencapai kesuksesan, Anda dapat memperluas usaha dengan membuka ruang fisik permanen atau membeli kendaraan tambahan. Namun, sebelum meluncurkan bisnis bergerak, pastikan peraturan dan peraturan kota mengizinkan model seperti ini. Anda juga mungkin perlu mendapatkan lisensi atau sertifikasi khusus sebelum mulai menawarkan layanan atau menjual produk Anda.

7. Kursus online

Ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang berikutnya ialah membuka kursus online. Peluang ini memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan unik yang Anda miliki untuk menghasilkan pendapatan. Ide bisnis kursus online ini dapat berupa pembuatan video seri tutorial atau kursus online di YouTube atas nama Anda atau perusahaan milik Anda. Selain itu, sebagai contoh Anda bisa juga memanfaatkan podcast untuk membuat sesi tanya jawab perihal kepemimpinan. 

Peluang E-learning juga dapat mencakup konten untuk sekolah perdagangan, perguruan tinggi, dan universitas. Model bisnis pengajaran online yang khas dapat memberikan nilai unik tersendiri untuk Anda atau perusahaan milik Anda, yang nantinya dapat Anda manfaatkan untuk memperbesar usaha startup Anda di masa depan. Dengan melakukan bisnis ini secara online, Anda juga dapat terhubung dengan berbagai orang yang berpotensi menjadi mitra atau pelanggan Anda di masa depan.

Ketika datang kesempatan untuk membangun keterampilan dan pengalaman bisnis, setiap pengusaha harus memulai dari suatu tempat dan tempat itu bisa saja di universitas. Sebagian besar pengusaha muda cenderung baru dalam menjalankan bisnis dan sedang mencari dukungan untuk mempromosikan produk mereka. Apakah itu salah? Tentu tidak. Semakin cepat Anda mencoba, semakin cepat Anda tahu rasanya gagal, dan semakin dekat Anda pada keberhasilan. Jika Anda baru memulai bisnis, Anda harus mempertimbangkan sebuah model yang dapat memecahkan permasalahan di masyarakat dan tentunya sesuai dengan passion Anda. 

Simak artikel pada tautan ini untuk melihat ide dan peluang usaha yang cocok untuk anak muda!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!