7 Jenis Usaha Paling Sukses di Desa Wisata yang Berkembang Pesat

Business Idea

usaha paling sukses di desa
Sumber gambar: idntimes.com

Industri pariwisata tidak pernah sepi, terutama ketika memasuki masa libur panjang sekolah. Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena negara ini memiliki banyak sekali tempat-tempat indah dan menarik untuk dikunjungi. Rasanya tak ada habis waktu untuk mengunjungi semua rekomendasi tempat wisata di indonesia. Hari demi hari, banyak tempat wisata lain muncul dan terus berkembang serta mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. Salah satu jenis objek wisata yang tengah berkembang adalah Desa Wisata.

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa desa yang dahulu tidak memiliki potensi wisata dapat berkembang menjadi desa wisata. Potensi wisata yang muncul biasanya berangkat dari kekayaan alam, lingkungan, kuliner, seni, budaya, sentra umkm, dan lain-lain. Kemudian, seiring dengan pengembangan potensi wisata tersebut, desa berkembang menjadi desa wisata. 

Tidak hanya menawarkan objek wisata, tetapi terus berkembang menyediakan aspek-aspek pendukung yang menunjang kegiatan desa wisata. Saat ini, pengembangan aspek pendukung objek wisata seperti toko souvenir, warung makan, dan lain-lain telah didukung dengan dana desa yang jumlahnya tidak sedikit.

Kita semua pasti sepakat bahwa tempat wisata membawa pengaruh positif bagi tumbuhnya bisnis pendukung di sekitarnya. Hal ini sudah pasti karena menjadi punya potensi bisnis yang menggiurkan. Jika demikian, mengapa Anda tidak mencoba untuk membuka usaha paling sukses di desa wisata? Apabila sudah memiliki modal cukup tetapi masih bingung untuk membuka bisnis apa di desa wisata, berikut ini kami rangkum beberapa contoh usaha paling sukses di desa yang tengah berkembang pesat.

1. Bisnis Penginapan

Bisnis penginapan yang cocok di desa wisata adalah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana. Salah satu contoh penginapan tersebut adalah homestay. Homestay adalah sebuah model penginapan dengan menyediakan fasilitas penginapan dimana gedung homestay biasanya menjadi satu dengan pemilik rumah. Keuntungan homestay adalah wisatawan dapat berinteraksi dengan pemilik rumah dan bagi pemilik rumah dapat meningkatkan jejaring dengan para tamu.

Membangun homestay tidak harus dari membangun rumah baru, tetapi jika anda memiliki beberapa bagian di rumah yang tidak terpakai, bisa anda jadikan sebagai homestay dengan biaya yang murah. Bisnis homestay dapat menjadi usaha paling sukses di desa yang menarik sebab pemilik rumah hanya perlu menjaga kondisi rumah bersih dan perabot homestay terjaga. Kegiatan ini tidak memerlukan waktu banyak sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

2. Bisnis Kuliner

Usaha kuliner desa wisata biasanya menyesuaikan dengan tradisi dan budaya setempat sehingga menyediakan berbagai makanan tradisional setempat. Namun, tidak perlu khawatir,  usaha kuliner makanan tradisional berpotensi laku karena menjadi ciri khas kuliner di desa wisata tersebut.Agar dapat menarik wisatawan, usaha kuliner makanan tradisional dapat dibuat konsep kekinian.Contohnya, sekarang trending berbagai cafe atau semacam angkringan yang banyak di kunjungi. Tidak hanya sekedar berkumpul dan menikmati makanan, tetapi juga tempat nongkrong.

Teruntuk anda yang memiliki hobi memasak jangan lewatkan usaha paling sukses di desa yang satu ini. Agar usaha lancar, usaha kuliner perlu memperrtimbangkan beberapa hal seperti daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang sesuai dengan pasar sekitar. Contoh jenis kuliner desa yang tergolong menjanjikan seperti membuat jajanan pasar.

3. Bisnis Penyewaan Kendaraan

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua bisa jadi usaha paling sukses di desa wisata yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Akan banyak orang yang membutuhkan akses kendaraan pribadi ketika mereka sedang tidak membawa kendaraan dari rumah. Terutama wisatawan dari luar negeri. Oleh sebab itu, Berbisnis penyewaan kendaraan baik roda dua maupun empat sangat lazim dan familiar di desa wisata sehingga memiliki potensi berkembang dan pasti dibutuhkan

Bisnis penyewaan kendaraan berkaitan dengan bisnis perjalanan, dimana Anda bisa menyediakan jasa antar jemput para turis dari lokasi wisata ke hotel atau mungkin ke tempat lain. Untuk memulai bisnis ini, anda tidak perlu membeli mobil atau motor, namun anda dapat bekerjasama dengan warga desa yang memiliki mobil dan motor serta bersedia untuk menjadi sopir ketika dibutuhkan untuk mengantar wisatawan. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi mobil dan motor, kebersihan, dan sikap supir terhadap wisatawan.

bisnis produk oleh-oleh
Sumnber gambar: lombokindonesia.org

4. Bisnis Produk Oleh-oleh

Setelah berwisata ke suatu tempat, tidak lengkap jika Anda tidak membeli sesuatu yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi. Oleh karena itu, bisnis penjualan oleh-oleh menjadi sangat lazim ditemui di desa wisata. Beberapa oleh-oleh yang cukup laris manis adalah souvenir, kerajinan khas daerah setempat, kaos atau busana yang bercorak atau bergambar tempat wisata setempat.

Menjual souvenir merupakan peluang usaha di desa yang sangat berpotensial. Souvenir yang menarik dan memiliki ciri khas desa wisata dapat jadi produk yang potensial. Untuk memulai usaha paling sukses di desa wisata yang satu ini, diperlukan beberapa warga yang sama-sama memiliki kemampuan membuat produk oleh-oleh yang sama dapat bergabung untuk meningkatkan produksi oleh-oleh. Produk tersebut kemudian dititipkan di toko souvenir

5. Bisnis Jasa Penerjemah dan Tour Guide

Jasa penerjemah biasanya sangat dibutuhkan, khususnya bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Untuk banyak keperluan mereka, memang sangat membutuhkan jasa penerjemah. Selain itu jasa ini juga berkaitan dengan jasa tour guide dimana tentunya para turis ingin mengetahui apa yang mereka kunjungi. Seiring berkembangnya waktu di yakini bisnis ini akan menjadi bisnis yang favorit. Saat ini sudah banyak masyarakat yang berbisnis di bidang penerjemah atau tour guide.

Bisnis Ini adalah peluang usaha paling sukses di desa wisata . Anda bisa berbisnis dengan membuka agen tour guide dan jasa penerjemah. Selain itu tour guide juga cukup dibutuhkan bagi anak-anak sekolah atau wisatawan yang mengantarkannya ke berbagai tempat wisata. Untuk memulai bisnis ini, anda perlu meningkatkan kemampuan bahasa khususnya bahasa inggris terlebih dahulu dan perlu memahami panduan menjadi tour guide. Hal ini penting dipahami agar wisatawan merasa nyaman di antarkan ke tempat wisata.

6. Bisnis Event Organizer

Event Organizer (EO) merupakan usaha bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh kliennya dengan tujuan mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara.Tak jarang orang yang mengadakan sebuah acara atau kegiatan di desa wisata baik itu pertemuan bisnis, pernikahan, reuni, launching produk dan lain-lain. Oleh sebab itu, event organizer sepertinya cukup dibutuhkan.

Kegiatan bisnis EO meliputi perkiraan biaya, tanggal pelaksanaan, tempat, Perijinan dan koordinasi transportasi hingga perparkiran. Sebuah EO juga harus melaksanakan kegiatan pendukung acara seperti tema acara, memilih dan menentukan pembicara, koordinasi kebutuhan di lapangan (listrik, sound system, dll), dekorasi, meja, kursi, tenda, tenaga keamanan, makanan, polisi, pemadam kebakaran, toilet, petugas kesehatan dan petugas kebersihan sehingga tercipta konsep event organizer yang baik dan berjalan dengan lancar.

7. Kios dan counter

Keberadaan kios atau toko di berbagai tempat sangat dibutuhkan apalagi di desa wisata. Kios atau toko menunjang dan memenuhi kebutuhan para wisatawan, seperti makanan, minuman, penjualan pulsa, paket data, dan lain-lain. Karena barang yang dijual menyangkut kebutuhan yang pasti dibutuhkan di tempat wisata, maka keberadaan toko atau kios akan selalu datangi

Anda bisa membuka bisnis ini ditempat tempat yang ramai seperti depan penginapan, Dermaga, dekat warung makan, alun alun dan sebagainya. Apalagi bisnis kios konter anda dilengkapi dengan berbagai perangkat handphone seperti charger, memory card dan sebagainya. Selain itu, anda juga harus meminta izin kepada pengelola desa wisata dan melakukan kerjasama dengannya agar kegiatan toko atau kios dapat diakui dan berjalan semestinya

Di atas tadi adalah beberapa jenis usaha/ bisnis yang cocok di tempat wisata. Bagi Anda yang kebetulan bertempat tinggal di desa wisata, anda dapat mempertimbangkan untuk menjalankan salah satu dari ide bisnis tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian baik bagi keluarga maupun keberadaan desa wisata itu sendiri. 


0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!