7 Jenis-Jenis Usaha Makanan Unik dan Kreatif yang Menguntungkan

Business Idea

usaha makanan unik dan kreatif
Sumber gambar: Ox

Bisnis kuliner seringkali dikenal sebagai bisnis yang tak ada matinya.

Tentu, hal tersebut dibuktikan oleh banyaknya penjual kuliner yang masih beroperasi hingga saat ini. Selain itu, didukung oleh karakteristik orang Indonesia yang sering menyuguhkan makanan ketika mengadakan suatu kegiatan.

Mulai dari arisan, perkumpulan biasa, komunitas, rapat, hingga komunitas.

Semua kegiatan-kegiatan tersebut kurang afdol rasanya jika tidak disediakan santap makan siang atau camilan.

Tingginya permintaan masyarakat Indonesia terhadap hal-hal yang berkaitan dengan konsumsi tentu meningkatkan daya saing para pelaku usaha kuliner di Indonesia. Oleh karena itu, para pengusaha kuliner tidak dapat duduk terdiam dan menerima kenyataan yang terjadi.

Membuka usaha makanan unik dan kreatif dapat menjadi salah satu alternatifnya. Mengapa?

Usaha makanan unik dan kreatif  mampu menjadi faktor pembeda antara pengusaha kuliner satu dengan yang lainnya.

Bahkan, usaha makanan unik dan kreatif tidak hanya mampu menjaring konsumen dari kalangan anak muda yang gemar mencoba makanan yang tidak biasa, tetapi juga konsumen dari semua kalangan usia. 

Penasaran?

Berikut beberapa alternative usaha makanan dan kreatif yang menguntungkan dan bisa Anda coba:

1. Puding roti

usaha makanan puding roti
Sumber gambar: Palmia

Bukan hanya puding, melainkan puding roti.

Siapa sangka puding yang sudah senantiasa kita kenal dengan kekenyalannya mampu disulap menjadi suatu usaha makanan unik dan kreatif berupa puding roti?

Berasal dari negara Perancis, biasanya puding ini disajikan sebagai hidangan penutup yang bisa dipadukan baik dengan saus karamel maupun fla. Serupa tapi tak sama, puding roti berbahan dasar agar-agar, santan, telur, susu, roti tawar dan gula, yang dicampur menjadi satu. Biasanya, terdapat pula tambahan berbagai rasa seperti caramel, vanilla, pandan, cokelat, dan lain-lain.

Tentu, puding roti ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Namun, tak sedikit juga orang-orang yang menikmati puding roti saat masih dalam keadaan hangat.

2. Steak tempe

usaha makanan steak tempe
Sumber gambar: Masak Apa Hari Ini

Jika Anda memandang steak sebagai makanan yang terbuat dari daging ayam atau sapi, Anda tidak salah. Namun, tentu terdapat variasi baru dari steak ini dan dapat Anda manfaatkan sebagai usaha makanan dan kreatif, lho!

Tak harus beli daging ayam atau sapi jika ingin makan steak. Anda juga dapat menikmati steak dari bahan tempe yang tentunya tak kalah enak dibandingkan steak biasanya.

Tak hanya enak, tetapi juga kaya gizi!

3. Seblak seafood

usaha makanan seblak seafood
Sumber gambar: Thegorbalsla

Banyak penjual seblak dapat Anda temukan dimana-mana.

Jika Anda ingin mencoba membuka usaha makanan unik dan kreatif, cobalah seblak seafood! Bisa jadi, usaha Anda diburu oleh para pecinta kuliner seblak yang unik.

Bukan hanya sekadar seblak, melainkan seblak yang memanjakan lidah para konsumen dengan balutan cita rasa hidangan laut yang menggiurkan, seblak seafood. Dalam menyajikan makanan ini, Anda dapat melengkapi seblak seafood Anda dengan kerupuk bantat, makaroni, ceker, kepiting, kerang, dan lain-lain.

Untuk menciptakan seblak seafood yang sesuai di lidah konsumen, Anda juga dapat memberikan opsi level kepedasan sesuai dengan permintaan konsumen.

4. Dodol coklat

dodol coklat
Sumber gambar: CPCDN

Siapa yang tak suka dengan usaha makanan unik dan kreatif yang kenyal dan nikmat ini?

Yap, dodol. Semakin hari, semakin banyak varian dodol yang dapat kita temukan di berbagai daerah. Inovasi yang dari dodol tidak membuat penikmatnya bosan, sehingga membuat usaha dodol tak pernah lekang oleh waktu.

Namun, bagaimana dengan dodol rasa coklat?

Tak kalah dengan makanan-makanan lainnya yang memiliki rasa coklat, dodol coklat dapat menjadi salah satu alternatif camilan masyarakat Indonesia. Sebagai inovasi dari bahan coklat yang populer dan disukai, dodol coklat tentu digandrungi hampir seluruh lapisan masyarakat. Kudapan ini dapat dijadikan sebagai menu favorit untuk suguhan para tamu di beberapa acara.

5. Oreo goreng pancake

oreo goreng pancake
Sumber gambar: Smart Mama

Oreo goreng pancake merupakan salah satu usaha makanan unik dan kreatif yang cukup diminati masyarakat karena rasanya yang manis dan enak.

Jajanan ini merupakan inovasi dari makanan ringan oreo yang merupakan kue cookies dengan warna hitam dan selai pilihan di dalamnya. Namun, siapa sangka bahwa oreo dapat diolah sedemikian rupa menjadi menu camilan yang nikmat dan enak dengan membuat tambahan tepung sebagai pembalut cookies ini?

Sebagai salah satu jenis jajanan yang populer saat ini dengan rasa yang begitu menarik berbagai kalangan masyarakat, tentu oreo goreng pancake dapat menjadi salah satu alternatif usaha makanan unik dan kreatif yang patut Anda coba.

Peluang bisnis oreo goreng pancake ini cukup baik, didukung oleh segmentasi pasar yang cukup luas dan modal yang diperlukan tak banyak. Anda tertarik?

6. Es krim goreng

usaha makanan es krim goreng
Sumber gambar: Cara Membuat

Dari namanya saja mungkin Anda cukup merasa kebingungan. Bagaimana bisa es krim yang dingin digoreng, bahkan dijadikan sebagai salah satu usaha makanan unik dan kreatif?

Eits, jangan salah.

Sebagai salah satu makanan penutup yang memiliki varian Amerika Utara dan Asia, makanan ini dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya. Setelah itu, es krim tersebut diolesi dengan telur mentah, digulingkan dengan cornflakes atau remah-remah biskuit, dan digoreng dalam waktu sebentar.

Nah, suhu es krim yang sangat dingin tidak akan membuatnya meleleh saat digoreng. Setelah selesai digoreng, es krim ini diberi kayu manis, gula, atau sedikit sentuhan daun mint. Tentu, Anda dapat berkreasi dengan es krim goreng Anda sesuai dengan selera dan permintaan pembeli, ya!

7. Ramen burger

ramen burger
Sumber gambar: Taste

Tak memiliki waktu untuk pergi ke Jepang dan Amerika untuk hunting kuliner dalam waktu yang sama? Tenang saja!

Ramen burger menjadi solusinya.

Ramen burger menjadi salah satu alternatif usaha makanan unik dan kreatif yang dapat Anda coba. Sebagai makanan perpaduan antara dua kebudayaan berbeda, yakni Jepang dan Amerika, burger ramen burger terdiri atas dua tumpukkan renyah dari mie ramen yang digoreng. Nah, di antara tumpukkan mie tersebut diletakkan daging sapi yang ditaburi daun bawang dan diolesi saus.

Keizo Shimamoto merupakan penggagas ramen burger ini. Ide ramen burger ini terinspirasi dari menu Kentucky Fried Chicken (KFC) yang pernah membuat gempar ketika mengganti roti burger dengan dua ayam goreng pada 2010 lalu.

Tentu saja Anda dapat mengkreasikan ramen burger ini sesuai dengan keinginan dan kreativitas Anda, ya!

usaha makanan unik dan kreatif
Sumber gambar: Plant Based News

Nah, usaha makanan unik dan kreatif yang menarik, bukan?

Makin kreatif inovasinya, makin banyak orang yang mencari-cari, terlebih di bidang kuliner.

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah berubah dan jadilah berbeda untuk mempertahankan daya saing Anda di era yang semakin kompleks ini, khususnya di bidang kuliner. Melalui alternatif usaha makanan unik dan kreatif yang telah dipaparkan di atas, Anda dapat memilih mana yang sekiranya Anda minati. Jangan lupa untuk senantiasa menyesuaikan dengan minat dan sumber daya yang Anda miliki, ya!

Semoga artikel mengenai usaha makanan unik dan kreatif ini bermanfaat, selamat berjualan!

Klik di sini untuk membaca artikel mengenai ide jajanan pasar yang murah meriah untuk dijual!


0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!