4 Usaha Makanan Modal Kecil Ala Mahasiswa Ini Bisa Kamu Coba, Pasti Laku !

Business Idea

Sumber gambar: Projects Abroad

Usaha kuliner khususnya makanan tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan, karena makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Sebagai mahasiswa yang kreatif, kamu tentu bisa memanfaatkan peluang ini. Selain bisa menambah pundi-pundi uang, membuka usaha makanan modal kecil dapat pula  menumbuhkan jiwa wirausaha dan kepemimpinan.

Sumber gambar: cluey learning

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat  mahasiswa mau memulai usaha makanan modal kecil? Perlu diperhatikan, meskipun usaha makanan modal kecil tidak membutuhkan modal yang besar, bukan tidak mungkin mahasiswa dapat meraup keuntungan yang berlipat. Kunci untuk memulai usaha makanan modal kecil adalah ketekunan, kreatifitas, dan tidak mudah putus asa.

Karena bukan tidak mungkin jika seorang mahasiswa bisa menghasilkan uang sendiri dengan melakukan usaha makanan modal kecil. Sehingga sebagai mahasiswa, kamu harus merencanakan dengan matang agar usaha makanan modal kecil  bisa berkembang dan menjadi usaha bisnis kuliner yang potensial. Untuk memudahkan kamu, maka berikut berbagai ide menarik tentang usaha makanan modal kecil:

1. Tahu Krispi

Sumber gambar: BisnisUKM

Siapa yang tidak tahu tahu krispi? Kuliner ini merupakan kuliner favorit orang-orang di Indonesia. Mendengar namanya saja, kita sudah terbayang seperti apa renyah dan gurihnya tahu krispi disetiap gigitannya. Tahu krispi merupakan varian tahu goreng yang di potong dadu kecil dan ditaburi tepung supaya muncul sensasi renyah saat memakannya. 

Target pasar tahu krispi ini sangat luas, karena tahu krispi digemari oleh semua kalangan usia karena rasanya yang unik dan tidak membosankan. Tahu krispi tentu sangat menjanjikan untuk dijadikan peluang usaha.

Tahu ini akan terasa makin nikmat dan laku dijual jika kamu menambah varian rasa pada tahunya. Kamu bisa menambah bumbu rasa seperti barbekyu, keju, ayam bakar, rumput laut, bahkan rasa pedas untuk dicampur dengan tahu. Bahkan untuk varian pedas, kamu bisa memberikan level atau tingkat kepedasan untuk tahu krispi ini.

Usaha makanan modal kecil ini mudah sekali cara membuatnya. Kamu hanya butuh tahu putih, tepung, air, garam, dan bumbu penyedap rasa  seperti barbekyu, keju, ayam bakar, rumput laut, atau rasa pedas.

Sumber gambar: Food Navigator

Cara membuatnya cukup sederhana dan mudah:

  1. Siapkan tahu putih dan potong kecil berbentuk dadu
  2. Tumbuk atau haluskan bawang putih lalu dicampur garam secukupnya
  3. Masukkan tahu yang sudah dipotong dadu ke dalam camuran bumbu yang telah dibuat. Agar rasanya meresap hingga ke dalam serat tahu, rendam tahu dengan bumbu sekitar 30 menit.
  4. Siapkan wajan berisi minyak, panaskan dengan api yang kecil
  5. Masukkan tahu secara perlahan dan goreng hingga tahu berubah warna menjadi warna kuning keemasan
  6. Angkat tahu dan tiriskan tunggu agar tidak panas
  7. Campurkan tahu krispi dengan bumbu sesuai selera
  8. Tara tahu krispi siap dihidangkan dan siap kamu jual.

2. Piscok Lumer

Sumber gambar: Dhiaco

Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan perpaduan hangatnya pisang dan manisnya coklat yang jika digigit akan mengeluarkan semburan coklat manis yang nikmat di dalam mulut kita. Piscok lumer tentu digemari banyak orang dari anak-anak hingga dewasa. Usaha makanan modal kecil ini sangat menjanjikan untuk digeluti bagi kaum mahasiswa.

Lalu bagaimana cara membuat piscok? Simak dan ikuti setiap langkahnya dengan saksama:

  1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan pisang dan kupas pisangnya, tidak lupa pisang tersebut diiris-iris bulat dan jangan terlalu tebal agar mudah matang.
  2. Siapkan kulit lumpia siap pakai dan oles kulit lumpia dengan meses atau pasta coklat secukupnya sesuai selera. Setelah itu susun irisan-irisan pisang diatas meses dan pasta coklat. Lalu tambahkan gula sedikit serta taburi dengan meses coklat lagi secukupnya. Lipat kulit lumpia tersebut seperti amplop dan olesi dengan perekat ujungnya. Perekat ini adalah llarutan tepung terigu serta air
  3. Pastikan kulit menutup rapat agar tidak terbuka sewaktu digoreng.
  4. Piscok lumer sudah siap digoreng, adonan sisanya bisa juga disimpan di lemari pendingin atau freezer untuk stok.
  5. Siapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api kecil lalu goreng pisang hingga warna pisang berubah menjadi coklat keemasan
  6. Piscok lumer siap dihidangkan

3. Keripik Setan (Kripset)

Sumber gambar: Bumbu Tabur

Camilan keripik setan alias keripik pedas merupakan camilan yang tak lekang oleh waktu. Rasanya yang gurih dan pedas melebur jadi satu dan menghasilkan cita rasa meledak yang luar biasa. Keripik setan merupakan keripik yang berbahan baku singkong yang cocok untuk dijadikan Usaha makanan modal kecil ala mahasiswa.

Lalu apa saja bumbu yang diperlukan untuk membuat keripik setan ini? Cukup siapkan cabe keriting, cabe bubuk, penyedap rasa, garam, 1 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah. Lalu haluskan secara merata bersama daun jeruk yang diiris tipis-tipis.

Cara membuatnya cukup sederhana dan mudah, simak langkah-langkanya sebagai berikut:

  1. Kupas singkong lalu potong tipis dan cuci sampai bersih
  2. Kukus singkong selama kurang lebih 30 menit 
  3. Setelah matang angkat singkong dan tiriskan
  4. Potong singkong tipis-tipis dan goreng sampai warnanya coklat keemasan
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan sedikit minyak dengan api yang kecil tunggu sampai harum dan matang
  6. Setelah bumbu matang campurkan bumbu dan keripik menjadi satu hingga tercampur merata dan meresap
  7. Voila keripik setan (kripset) siap dikemas dan dijual

4. Ricebowl Ekonomis Oyakodon

Sumber gambar: seriouseats

Siapa bilang makanan enak harus mahal? Dengan budget yang bisa kita atur, ricebowl ekonomis merupakan usaha makanan modal kecil yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Ricebowl banyak digemari oleh anak sekolah dan mahasiswa bahkan para pekerja. Hidangan nikmat, ekonomis, dan praktis ini kerap kali menjadi pilihan saat makan siang tiba.

Ricebowl oyakodon merupakan menu masakan Jepang yang terdiri atas nasi hangat di mangkuk yang di atasnya ditaburi daging ayam dan telur. Kuliner ini  awalnya hadir dari tradisi makan Bangsa Jepang yang juga sama-sama pemakan nasi seperti orang Indonesia. Karena Ricebowl praktis dan lezat, budaya makan ini cepat berakulturasi.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Ricebowl Ekonomis Oyakodon? Cukup siapkan 2 butir telur ayam dan ¼ kg paha ayam. 2 sendok makan kecap asin, ½ sendok makan gula, penyedap rasa, serta air.

Langkah membuat Ricebowl Ekonomis Oyakodon adalah sebagai berikut:

  1. Fillet ayam, dan potong kecil seperti dadu. Lalu kocok telur
  2. Masukkan kecap asin, gula, penyedap rasa, air secukupnya, hingga menyatu. Lalu masukkan ayam ke dalamnya dengan api yang sedang hingga warnanya berubah kecoklatan emas
  3. Masukkan telur yang telah dikocok. Aduk ringan hingga tercampur
  4. Setelah ayam dan telur menyatu, masukkan sisa telur hingga menutupi permukaan masakan. Kecilkan api dan tutu panci, diamkan 1 menit, lalu matikan kompor.
  5. Siapkan nasi panas dalam bowl atau mangkok, tuangkan oyakodon. Taburi dengan bubuk cabai (opsional).

Ricebowl Ekonomis Oyakodon siap dijual. Dijamin semua pelanggan akan suka dengan cita rasa oyakodon yang begitu nikmat.

Sumber gambar: Training Journal

Kudapan-kudapan ini sangat mudah, praktis, dan lezat bukan? Meski merintis usaha makanan modal kecil jika tekun dijamin akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Bagaiamana, sudah siapkah kamu untuk mencoba?

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!