Simak Kisah Naomi, Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Building team, Business Hack

Sumber gambar: Pesona Travel

Wirausahawan merupakan pihak yang menjalankan aktivitas wirausaha. Biasanya, seorang wirausahawan memiliki beberapa ciri-ciri seperti pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Tak berhenti sampai di situ, rupanya wirausahawan dapat pula ditemukan di bidang kerajinan. Siapakah tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses?

Naomi Susilowati Setiono.

Seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Naomi Ia memiliki keinginan kuat untuk memajukan dunia batik lasem sebagai kerajinan asli Indonesia yang bernilai tinggi, baik di mata lokal maupun mancanegara.

Meskipun Naomi bukan tokoh wirausahawan sukses nomor pertama di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, perempuan ini sangat terkenal di dunia perbatikan, khususnya batik lasem.

Lalu, hal-hal apa sajakah yang yang merupakan fakta-fakta dari Naomi dalam meniti kehidupannya sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses?

Berikut fakta-fakta dari Naomi Susilowati Setiono:

1. Lulusan Apoteker

lulusan apoteker naomi
Sumber gambar: Assist

Banyak orang yang beranggapan bahwa Naomi, seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses, merupakan anak lulusan sekolah seni yang terspesialisasi di bidang kerajinan batik.

Namun, hal tersebut tidaklah benar.

Rupanya, Naomi merupakan lulusan dari sekolah Apoteker di Semarang. Tak terduga bukan?

Sebagai calon salah satu bagian dari tim pelayanan kesehatan profesional yang bekerja di suatu farmasi, baik farmasi rumah sakit maupun industri farmasi, tak ada yang menyangka Naomi akan menjadi penerus batik lasem yang telah dilestarikan secara turun-temurun di keluarganya.

2. Berbagai perjuangan

banyak cobaan
Sumber gambar: AHS

Naomi menjelaskan bahwa usaha batik yang digeluti sejak tahun 1990 ini merupakan limpahan dari orang tua.

Meskipun demikian, ia tidak ingin semata-mata menerima begitu saja dalam perjalanannya menjadi tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Walaupun dibesarkan dari keluarga terpandang, ia tidak ingin menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuknya menjadi seseorang yang tinggi hati.

Bahkan, Naomi pernah mendapatkan masalah sehingga dikucilkan dari keluarga yang saat itu terpandang di wilayahnya dan ia pun pindah ke Kabupaten Kudus, bekerja sebagai pencuci pakaian. Tergiur penghasilan yang lebih tinggi, ia beralih menjadi buruh pemotong batang rokok di Pabrik Djarum Kudus.

Teman-temannya pada saat itu dapat memotong rokok berkarung-karung dan mendapatkan uang Rp2.000,00. Namun, tidak dengan Naomi. Karena kurang cekatan, ia hanya mendapatkan penghasilan yang sedikit yaitu Rp375,00 per hari.

Ia pun hengkang dan beralih menjadi kernet bus Semarang-Lasem. Singkat cerita, orang tuanya meminta Naomi untuk kembali ke Lasem meskipun ia kembali dengan berbagai cemooh dan ditempatkan di bawah pembantu.

Perlakuan ini ia terima dengan lapang dada. Sedikit demi sedikit, ia belajar cara pembuatan batik lasem, mulai dari desain, memegang canting melapisi kain dengan malam, hingga memberi pewarnaan.

3. Penerus usaha batik

usaha batik
Sumber gambar: Grid

Pada tahun 1900, orang tua Naomi memutuskan tinggal dengan adik-adiknya di Jakarta.

Pindahnya orang tua Naomi ke Jakarta membuat usaha batik lasem tidak ada yang meneruskan. Dari titik inilah, Naomi dipercaya untuk melanjutkan usaha batik warisan turun-temurun ini hingga menjadi tokoh wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan.

Kesempatan ini ia gunakan untuk mengubah sistem dan aturan main bagi pekerjanya. Ia memberikan kesempatan kepada para perajin untuk menunaikan ibadah sholat.

“Sesuai kewajiban yang ingin mereka jalankan, saya memberikannya,” ucap Naomi.

4. Ketua cluster batik Lasem

Sumber gambar: Bukalapak

Kemampuannya di bidang perbatikan, khususnya batik Lasem rupanya membawa Naomi untuk mengepakkan sayapnya lebih lebar lagi.

Bagaimana tidak?

Terlihat dari kepercayaan yang diberikan oleh rekan-rekan Naomi kepada Naomi, salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses ini, ia dipercaya menjadi ketua cluser batik Lasem. Dalam waktu dekat, cluster ini akan diberi nama menjadi semacam asosiasi perajin atau pengusaha batik Lasem.

5. Sosok pemimpin Batik Tulis Tradisional Laseman Maranatha

sosok pemimpin batik tulis
Sumber gambar: WordPress

Jenis batik lasem (laseman) rupanya termasuk jenis batik yang perkembangannya jauh tertinggal dibandingkan dengan batik solo dan batik yogyakarta.

Meskipun demikian, usaha batik ini terus Naomi geluti, meksipun masih menggunakan peralatan tradisional.

Naomi yang memimpin Batik Tulis Tradisional Laseman Maranatha di Jalan Karangturi I/I Lasem, Rembang, ini mengerahkan 30 perajin guna mendukung usahanya dan mengangkat namanya menjadi salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses.

usaha batik
Sumber gambar: moe

Tak hanya usaha di bidang batik, perempuan yang mengemban status single parent sebagai ibu dari Priskila Renny dan Gabriel Alvin Prianto ini rupanya turut terkenal aktif sebagai pendeta di gereja setempat.

Bahkan, salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses ini juga sempat disibukkan dengan mengisi seminar maupun pemaparan ke berbagai instansi mengenai seluk-beluk batik lasem. Naomi tak segan berbagai ilmu yang ia miliki untuk menyejahterakan masyarakat di sekitarnya dan turut melestarikan kerajinan Indonesia.

Upaya pelestarian batik tak selesai di situ. Ia tengah merintis pengkaderan perajin batik ke sekolah-sekolah secara gratis.

“Kalau tidak kami sendiri yang mengader, siapa lagi? Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah,” ujarnya.

5. Produktif

produktif
Sumber gambar: Website Files

Cukup banyak kegiatan yang dilakukan oleh tokoh wirausahawan sukses satu ini, kan?


Meskipun sangat sibuk, produktivitasnya tak berubah.  Setiap bulan, Naomi dan rekan-rekannya bekerja dan menghasilkan rata-rata 150 potong batik tulis.

Bahkan, batik-batik bermotif akulturasi budaya Cina dan Jawa ini dikirim ke berbagai daerah, seperti Serang (Banten), Medan (Sumut), dan Surabaya (Jatim).

6. Suasana kerja

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Sumber gambar: Picdn

Suasana kerja yang dibangun oleh Naomi bisa dibilang cukup unik.

Bukan lagi berstatus sebagai atasan dan bawahan, ia menganggap perajin adalah rekan usaha yang sama-sama membutuhkan dan menguntungkan. Jika siang hari Naomi turun tangan dalam memproses batik, malam hari ia gunakan untuk membuat desainnya.

Sentra kerajinan daerah yang khas tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan produk yang juga unik lagi khas yang mencerminkan keindahan daerahnya masing-masing.

Tak terkecuali dengan batik lasem yang dilestarikan oleh Naomi sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses.

Batik sebagai kain yang digambar dengan bahan malam yang cara pembuatannya dibuat khusus dengan menuliskan dan menerakan malam pada kain, diolah menjadi sangat apik oleh Naomi.

Di balik kabar silih berganti yang menyatakan bahwa industri kerajinan tak lagi bersinar, kisah Naomi menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menjadi seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan.

Itulah gambaran kehidupan seorang pengusaha wanita Indonesia, Naomi Susilowati Setiono.

Kesuksesan yang dimilikinya untuk membangun usaha pembuatan batik lasem patut diacungi jempol. Ia berhasil membuktikan bahwa segala usaha yang ditempuh dengan kerja keras dan pantang menyerah pasti akan memetik buah yang manis. Atas kecintaannya yang mendalam terhadap pekerjaan membatik, ia sadar akan pentingnya melestarikan kebudayaan bangsa.

Tentu bukanlah hal yang tidak mungkin bagi Anda untuk mengikuti jejak Naomi, baik kerajinan batik, lukis, rotan, perak, gerabah, maupun kerajinan lainnya.

Ketekunan dan kemauan menjadi kuncinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berwirausaha!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Wirausahawan Sukses dalam Bidang Kerajinan Tangan – The Love of Austin 427 - […] memiliki nilai jual utama. Ia siap mendapatkan margin jutaan rupiah dari ketekunan yang dibuatnya.https://ruangbisnis.co.id/simak-kisah-naomi-tokoh-wirausahawan-di-bidang-kerajinan-yang-sukses/ kurang lebih tokoh wirausahawan di…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!